Olahraga & Kesehatan

Monggonao,-Duta-NTB-Lomba-PHBS-Nasional

Kota Bima, Bimakini.com.-  Kelurahan Monggonao Kecamatan Mpunda Kota Bima meraih juara pertama lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diselenggarakan akhir tahun 2012. Menyusul prestasi itu, Monggonao menjadi duta Provinsi NTB untuk mengikuti lomba yang sama tingkat nasional.

      Lurah Monggonao, Basuki Widodo, S.Sos, mengatakan prestasi itu berkat kesadaran masyarakat yang selalu menerapkan PHBS. Diakuinya, sejak awal lomba dilakukan yakin Monggonao bisa meraih juara dilihat dari tingkat kesadaran masyarakat yang selalu membersihkan lingkungan. Prestasi itu juga didukung dengan peranan kader Posyandu Kelurahan, ibu-ibu majelis taklim dan sleuruh komponen masyarakat.
Selain itu, dukungan dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) juga turut membantu dalam mensukseskan terciptanya pola hidup sehat yang dilakukan masyarakat Monggonao. “Ini adalah prestasi murni masyarakat, Posyandu dan ibu-ibu majelis taklim yang telah bekerja keras menyukseskan adanya penerapan pola hidup sehat di tengah masyarakat Monggonao,” ujarnya, Sabtu (4/1) di Monggonao.
Widodo mengaku bangga makin sadarnya masyarakat soal kebersihan, apalagi saat musim hujan masyarakat gencar membersihkan setiap sudut lingkungan masing-masing untuk kehidupan yang sehat. Menghadapi lomba tingkat nasional, Widodo mengimbau seluruh masyarakat Monggonao terus menjaga PHBS, bahkan ditingkatkan lagi sehingga Monggonao dicontohi masyarakat lain.
Dalam hal penataan dan titik-titik yang masih terdapat hal yang tidak sedap dipandang mata, Widodo akan terus berkoordinasi dengan DKPP dan dinas terkait lainnya dalam menghadapi lomba tingkat nasional. Dia meminta seluruh elemen masyarakat menyiapkan diri dalam menghadapi lomba tersebut.
     Hasil perlombaan itu diharapkannya meningkatnya kesadaran masyarakat dan mengharapkan dukungan Dinas terkait agar Monggonao bisa meningkatkan perilaku hidup sehat yang selama ini telah dilakukan. Seperti Dinas Kesehatan (Dikes) mengintensifkan pembinaan Posyandu maupun masyarakat secara umum soal dampak dari perilaku hidup sehat dan manfaat yang didapat untuk kedepannya.
“Menghadapi lomba tingkat nasional, saya bersama pengurus Posyandu Kelurahan akan melakukan koordinasi dengan Dinas terkait dalam rangka meningkatkan perilaku hidup sehat,” ungkapnya. (BE.18)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top