Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Polres Siap Amankan Pemakaman Bahtiar

Bima, Bimakini.com.-Sejak insiden penembakan oleh Detasemen Khusus (Densu) 88 Antiteror, Jumat (4/1) lalu, belum ada kejelasan kapan jenazah Bahtiar akan dibawa kembali ke Bima untuk dimakamkan. Warga Desa Timu Kecamatan Bolo sempat menolak pemakaman Bahtiar, namun  akhirnya menerima atas pertimbangan kemanusiaan dan kewajiban kifayah menguburkannya. Namun, ada dugaan muncul lagi penolakan sebagian  warga Timu, karena  masih kautir masalah keamanan.

Menyikapi hal itu, Tim Pencari Fakta dan Rehabilitasi (TPFR) Bima,  Sabtu (19/1) sore, menemui Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Dede Alamsyah. Selain meminta dukungan keamanan jika jenazah Bahtiar  dimakamkan di Bima, juga menyampaikan tugas TPFR.
Sekretaris TPFR Bima, Rismunandar, berharap ada jaminan atau bantuan keamanan dari pihak Kepolisian saat pemakaman jenazah Bahtiar di Bima nanti. Hal itu agar masyarakat juga tidak ragu k menerima jenazah Bahtiar, yang saat ini muncul lagi pro-kontra. 
Rismunandar heran terhadap sikap sebagian masyarakat Timu yang kembali memunculkan penolakan itu. Padahal, saat  rapat di kantor desa Rabu (16/1) lalu sudah disepakati, termasuk jaminan keananan, prosesi pemakaman tetap sesuai syariat, dan wajar.
“Kami menemui Kapolres Bima Kabupaten untuk berkoordinasi dan meminta jaminan keamanan saat pemakaman jenazah Bahtiar,”  ujarnya di Palibelo.
Dia mengharapkan masyarakat Timu agar menerima jenazah Bahtiar untuk dimakamkan. TPFR Bima juga sudah membuar surat pernyataan jaminan prosesi pemakaman akan berlangsung wajar dan tidak berlebihan.
“Penanganan jenazah sepenuhnya diserahkan ke TPFR dan keluarga. Ini untuk menjawab keraguan masyarakat. Memakamkan jenazah adalah satu diantara tiga perkara yang harus disegerakan dalam Islam dan ini menjadi kewajiban kita yang hidup,” ujarnya.
Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Dede Alamsyah, mengatakan sudah menjadi kewajiban pihaknya mengamankan jika jenazah Bahtiar dimakamkan di Timu. Namun, tidak bisa mengintervensi aspirasi masyarakat. “Diminta tidak diminta, kami akan tetap mengamankan,” katanya. (BE.16)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Komunitas Tangan di Atas (TDA) Bima, berbagi ”Bahagia Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa dalam Bingkai Ramadan” kembali digelar. Kali ini...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Asisten Indeks Tata Kelola (ITK) Kinerja Polri menggelar rapat di aula Mapolres Bima Kota, Selasa (21/3/17) hingga Rabu (22/3/27). Rapat...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Jajaran Polres Bima Kota berhasil mengamankan kendaraan yang mengangkut pupuk bersubsidi, Senin (26/9) di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Pupuk itu...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Dua pemuda yang diduga terlibat kasus penjambretan terhadap Suryani, SPd, telah dibawa ke Mapolres Bima. Mereka tiba  Jumat (05/08/2016) dinihari sekitar pukul...

Hukum & Kriminal

Bima, bimakini.com.- Dua anggota  Polres Bima Kabupaten diperiksa Propam, karena lalai menjaga tahanan Syukri (29).  Mereka  akan diberikan sanksi disiplin anggota, karena ceroboh saat...