Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Program Bantuan Hortikultura Tiga Kecamatan masih Berlanjut

Bima, Bimakini.com.-Program bantuan sosial untuk pengembangan tanaman hortikultura bawang merah di Kecamatan Woha, Monta, dan Belo Kabupaten Bima tahun anggaran 2012 masih berlanjut hingga tahun anggaran 2013. Namun, untuk pengembangan bawang putih hanya untuk Kecamatan Lambitu saja.  

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bima, Adnan H. Adam, S.Sos, mengatakan, pada tahun ini luas areal pengembangan hortikulura bawang merah bertambah menjadi 35 hektare (Ha) dari tahun sebelumnya hanya 30 ha. Khusus bawang putih sekitar 20 ha.
“Khusus petani bawang putih, selain mendapatkan bantuan benih, tetapi juga mendapatkan bantuan sarana pendukung lainnya, seperti satu unit handtractor dan mesin pompa air,” katanya di dinas setempat, Rabu (16/1).
      Tiga kecamatan pengembangan bawang merah, katanya, selain mendapatkan bibit dan sarana penunjang lainnya, tetapi juga ada bantuan pascapanen, seperti tarpal dan mobil tiga roda untuk mengangkut hasil produksi bawang merah. Namun, dua tahun terakhir tidak lagi dana bantuan itu lewat rekening petani, tetapi dikontraktualkan.
Pada tahun anggaran 2013, jelasnya, ada bantuan senilai Rp750 juta, tetapi semuanya dalam bentuk bibit, sarana pengembangan dari penggarapan lahan hingga pascapanen. Bentuknya, seperti dua unit kendaraan tiga roda untuk pascapanen, ada lima unit mesin pompa air, dan lainnya.
“Bahkan, pada tiga kecamatan pengembangan bawang merah itu akan dibangunkan satu unit gudang untuk pengamanan hasil usaha pertanian,” katanya.
Dikatakannya, komoditi hortikultura merupakan produk yang prospektif, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun internasional. Permintaan pasar dalam dan luar negeri masih tinggi. Di samping itu, produk ini juga  bernilai ekonomi tinggi. Kemajuan perekonomian menyebabkan permintaan produk hortikultura semakin meningkat. Pada sisi lain, keragaman karakteristik lahan, agroklimat serta sebaran wilayah yang luas memungkinkan wilayah Indonesia digunakan untuk pengembangan hortukultura tropis dan subtropis.
Dia mengharapkan tiga kecamatan yang merupakan daerah pengembangan bawang merah dan satu kecamatan untuk pengembangan budidaya bawang putih, maksimal memanfaatkan program pengembangan hortikultura itu.
“Ke depan kita harapkan ada pengembangan lain, selain bawang puti dan bawang merah. Apalagi, lahan pertanian di Kabupaten Bima bisa ditanami berbagai jenis hortikultura. (BE.13)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Unit Pidum Sat Reskrim  Polres Bima menyerahkan bantuan sembako bagi keluarga korban kasus pembunuhan Robbu Sugara yang dilakukan tersangka Abdurahman  tahun 2018...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Woha Kabupaten Bima menyalurkan  bantuan berupa puluhan dus mis instan kepada korban banjir di Desa Nisa,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemilik bengkel Sakinah di  RT 05 Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, M Kautsar, menyorot bantuan alat perbengkelan di Dinas Perindustrian dan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Seorang netizen warga Dompu, membuat tulisan di group Mbolo. Judulnya; CINTA DOMPU UNTUK BIMA. Tulisan ini, dibuat oleh pemilik akun bernama...

Dari Redaksi

DOMPU, sebuah kabupaten di sebelah Barat Kabupaten Bima. Antara Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan Kota Bima, sesungguhnya saudara yang hanya dipisahkan oleh wilayah administrasi...