Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMPN 8 Juara Pertama Lomba Sekolah Sehat

Kota Bima, Bimakini.com.-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Kota Bima meraih juara pertama Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi NTB, akhir tahun lalu. Berkat  keberhasilan itu, SMPN 8 menjadi duta Provinsi NTB dalam lomba tingkat nasional.

    Kepala SMPN 8 Kota Bima, Muhammad Nuh, S.Pd, mengatakan prestasi itu luarbiasa dan beserta jajaran guru serta siswa SMPN 8 kaget mendengar prestasi tersebut. Selama ini ya bersama guru, siswa dan dinas hanya menampilkan kondisi sekolah apa adanya.
          Dilaporkannya, sebelum menghadapi lomba sekolah bersama DKPP, Dinas Kesehatan (Dikes), BLH, dan dinas lainnya hanya menata beberapa titik sekolah yang dirasakan sebagai objek yang tidak sedap dipandang mata, namun hasil penataan itu rupanya menarik perhatian tim penilai.
     Dikatakannya untuk bisa meraih predikat sekolah sehat tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipenuhi. Seperti tersedianya WC, satu unit WC untuk 20 siswa. Khusus ketersediaan kamar kecil, Nuh mengaku sejak lama SMPN 8 menyediakan sarana tersebut. Hal itu bertujuan untuk kenyamanan siswa dan guru.
      Selain itu, hal pokok lainnya adalah kebersihan sekolah baik lingkungan sekitarnya maupun seluruh ruangan atau kelas belajar. “Untuk masalah ini kami sejak dulu selalu menerapkan kedisiplinan akan kebersihan kepada guru maupun kepada siswa, sebab jika sekolah kotor, maka kesehatan orang-orang di dalamnya akan terganggu,” ujarnya, Kamis (3/1), di sekolah setempat.
     Tidak hanya itu, untuk bisa menjadi sekolah sehat, di dalamnya harus ada Dokter Kecil, siswa harus bisa berperan sebagai dokter dengan beberapa disiplin ilmu tentang kebersihan dan dampaknya.
     Dia mengaku SMPN 8 telah memiliki hal itu atas kerja sama sekolah dengan Dikes yang telah mendidik beberapa siswa tentang ilmu kedokteran secara husus yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan.
      Mengenai LSS tingkat nasional yang dihelat Juni 2013 mendatang, SMPN 8 akan  memaksimalkan persiapan  dan akan melaporkan kembali kepada Dinas terkait untuk membantu. Dia berharap SMPN 8 mampu meraih juara ada level nasional. (BE.18)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Bima kembali mengukir prestasi pada berbagai  lomba yang diadakan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mematangkan persiapan kegiatan lomba kelurahan, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum (APU) Setda Kota Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) di aula Pemerintah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Unit Pelaksa Tehnis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kecamatan Belo, menggelar lomba cerdas cermat, siswa berprestasi, Olimpiade,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Perlombaan bidang olahraga, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam antarguru dan antarpelajar tingkat Sekolah Dasar/ sederajat dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Nurul Hidayanti siswi kelas 3E  Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Madapangga, juara nasional dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional...