Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tiga Kades di Kecamatan Wawo Dilantik

Bima, Bimakini.com.- Tiga Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Wawo, dilantik kemarin. Mereka adalah Kepala Desa Maria Utara, Syamsudin Husen,  Kepala Desa Kombo, Bunyamin, S.Pd, dan Kepala Desa Riamau, Saala Ilyas. PLT Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin, M.Pd, mengukuhkan mereka di Paruga Nae Wawo.

    Usai pelantikan, prosesi serahterima jabatan dilakukan dengan pejabat lama. Yakni Kades Maria Utara sebelumnya, Syarifudin HI, Kades Kombo, M Yasin, dan pejabat Kades Riamau, Syarifuddin Bahsyar, S. Sos. Serahterima masing-masing satu unit kendaraan sepeda motor dinas juga dilakukan.
    Saat itu,  Syafrudin mengingatkan, setelah sumpah dan pelantikan Kades langsung mulai bertugas  dan bukan lagi seperti masyarakat biasa, tetapi sudah menjadi aparat pemerintah desa yang bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat. Bersama warga agar membangun desa sehingga lebih maju dan mandiri.
    “Jadi tidak ada lagi tim sukses ini dan itu, karena Kades menaungi seluruh masyarakat. Silakan gali potensi pembangunan untuk masyarakatnya. Begitu juga dengan istri Kades agar membantu suaminya melaksanakan tugas.
    Sebulan terakhir ini, katanya, Kabupaten Bima terdepan dalam dugaan kasus terorisme. Karena itu Kadesa harus mengenal warganya. Jika ada tamu atau warga yang mencurigakan, sebaiknya berkoordinasi dengan Camat dan pihak keamanan.
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, katanya, telah memfasilitasi Kades dengan kendaraan dinas. Jangan sampai kendaraan itu disalahgunakan untuk berselingkuh dan bukan tugas kedinasan. Apalagi, kendaraan yang diberikan berplat merah, sehingga  haeus berhati-hatilah menggunakannya.
“Jangan sampai karena sudah menjadi Kepala Desa tidak mau menggunakan  Surat Izin Mengemudi. Kita berharap buatkan dahulu SIM-nya,” katanya.
    Sebelumnya, Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, meminta Kades senantiasa berkoordinasi. Selama ini terkesan menyepelekan Camat karena mentang-mentang mereka dipilih oleh masyarakat, tidak lagi menghargai Camat. Padahal, tugas Camat adalah perpanjangan tangan Bupati Bima.
    “Jadi Bupati-nya di kecamatan adalah Camat. Buat surat yang berkaitan dengan Bupati dan lainnya perlu diketahui oleh Camat. Selamat melaksanakan tugas,” katanya.
    Meski hujan deras, pelantikan berlangsung khidmat dan meriah. Hadir dalam pelantikan itu, anggota DPRD Kabupaten Bima, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan berbagai elemen masyarakat Wawo. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Penuhi unsur formil dan materil Tindak Pidana Pemilu (tipilu) salah satu Kepala Desa (Kades) Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima terancam pidana penjara. Koordinator...

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Desa Nisa Kecamatan Woha Kabupaten Bima merupakan salah saru desa yang terparah yang digenangi banjir bandang, Minggu (26/3). Hal  itu jika dilihat...