Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Wisata Air Terjun Kanduru Menanti Polesan

Bima, Bimakini.com.- Air terjun Kanduru yang berlokasi sekitar satu kilometer lebih dari Desa Teta Kecamatan Lambitu, menawarkan pesona indah. Areal itu bisa dijadikan alternatif pilihan untuk wisata alam di Kabupaten Bima. Apalagi, lokasi itu masih asri dan belum banyak dijamah pengunjung.

Komandan Peleton Pol PP Kabupaten Bima, Agus Salim, mengaku saat masih kecil pernah diajak orangtua  ke lokasi itu, tetapi karena berpindah tempat tinggal sudah lama melupakan salahsatu tempat yang tetap ada dalam memori ingatannya.
“Saya penasaran ingin mengetahui kondisi air terjun saat ini, sehingga tahun lalu saya bertanya dan mencari tempat itu,” ujarnya di kantor Pol PP Kabupaten Bima, Selasa (8/1).
Untuk mengetahui kepastian air terjun itu, dia mengajak Abdurrahman, warga setempat, yang berpengalaman di lokasi itu. Bahkan, beberapa kali pulang-pergi ke sana. Karena itu, pihaknya memberitahukan kepada Camat Lambitu, Ferry Kurniawan, S.Sos, tetapi meragukan keberadaan air terjun Kanduru itu.
Apalagi, Sekretaris Desa Teta memberitahukan kepada Camat mengenai tidak adanya lokasi itu. Namun, setelah diinformasikan oleh beberapa warga lain, baru Camat memercayainya.
“Bahkan, saya ajak wartawan untuk menikmati indahnya air terjun Kanduru,” katanya.
Soal gambar lokasi air terjun, katanya, sudah pernah diperlihatkan kepada Bupati Bima, H. Ferry Zulkanain, ST. Bahkan, menanyakan kembali apakah benar ada air terjun di Teta. “Karena saya bukan hanya bercerita, tetapi harus melihat dengan mata- kepala, baru berani menyampaikan informasi mengenai lokasi itu,” katanya.
Dia berharap suatu saat lokasi itu akan dijadikan salahsatu tempat pariwisata alam. “Kalau dibuatkan tempat permandian di bawah air terjun itu, maka tempat itu akan menjadi tempat favorit. Bahkan, sekitar lokasi bakal dijadikan vila,” katanya.
Apalagi, tidak jauh dari lokasi itu, katanya, ada mata air unik Oi Kunde dengan rasa khas kecut saat diminum. Namun, berdasarkan penelitian orang luar saat program Plan Internasional di Lambitu, air itu bebas kuman dan bakteri.
Tidak hanya itu. Katanya, Oi Kunde memiliki khasiat mengobati penyakit asma, kudis dan gatal, dan rematik. Bahkan, orang yang berjalan jauh dan biasa mabuk, meminum air ini diyakini tidak akan mabuk lagi. “Saat ini sudah banyak warga di luar Kabupaten Bima yang datang khusus untuk mengambil air di lokasi itu. (BE.13)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Mahasiswa pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Rismunandar Iskandar menulis surat di laman Facebooknya. Surat itu ditujukannya pada Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti...

Jalan-jalan

Dompu, Bimakini.- Anda pernah mendengar Pantai Ombo  di Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu? Saat ini merupakan destinasi baru wisata yang  ramai dikunjungi warga....

Politik

Bima, Bimakini.com.- Blusukan tahap kedua dilakukan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, Ady Mahyudi-A Zubair di Kecamatan Palibelo, Selasa (27/10/2015). Mereka menyambangi tiga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Tidak pernah dibayangkan kalau salah satu Desa di Kecamatan Wawo juga mengalami Krisis air bersih seperti yang terjadi disejumlah wilayah Kabupaten Bima...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Sebanyak 220 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Muku Desa Sanolo Kecamatan Bolo, menerima bantuan Air Minum dalam Kemasan, Senin (14/9/2015) sore. Bantuan...