Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Diklat Survai Pemetaan Politik Digelar

Kota Bima, Bimakini.com.-  Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Bima dan Provinsi NTB, tinggal menghitung bulan. Sejumlah elemen mengharapkan pesta demokrasi itu berlangsung lancar, aman, dan jujur.

Untuk memastikan pelaksanaannya sesuai harapan tersebut, Lembaga Edukasi dan Advokasi (LEAD) Indonesia Bima menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) politik kepada pemilih pemula.
Diklat yang dilaksanakan sehari secara swadaya di hotel Permata Kota Bima, Rabu (13/2), melibatkan sekitar 30 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa.
Fasilitator LEAD, Risallah, menjelaskan, Diklat ini bertujuan melatih pemilih pemula agar memahami perpolitikan. Sekaligus  mendidik agar pemilih pemula memahami dan mengerti proses Pemilukada yang tidak lama lagi dihelat secara serentak dengan Pilgub NTB.
Usai Diklat, akan dibentuk tim survai politik yang bertugas mengawal proses Pemilukada Kota Bima dan Pilgub NTB. “Ini juga untuk mengetahui tingkat elektabilitas calon kandidat yang akan bertarung pada pesta demokrasi nanti,” terang Risallah di hotel Permata, Rabu.
Kegiatan ini, kata dia, didukung oleh relawan LEAD yang juga sebagai fasilitator dan pembicara. Pesertanya berjumlah 30 orang dari kalangan mahasiswa dan pelajar di Kota Bima.
Risallah menambahkan, tim survai yang dibentuk usai Diklat akan melaksanakan tugas terhitung saat pembentukan hingga pesta demokrasi usai.
“Ini semata-mata bekerja mengawal jalannya Pemilukada agar berlangsung sukses tanpa diwarnai persoalan,” tandasnya. (BE.19)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh: Ahmad Ada yang menarik dari Pilkada Kabupaten Bima. Keterlibatan kelompok yang mengatasnamakan dirinya Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita. Seperti diberitakan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Eskalasi suhu politik prosesi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Bima, bukan saja dirasakan warga wilayah setempat. Tetapi, berimbas dan berpengaruh...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Kampanye terbatas tahap  kedua di Kecamatan Langgudu,  Minggu (11/10/2015), dilakukan pasangan calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Bima, Syafrudin- Masykur (Syukur). Didesa setempat, mereka...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Berkas kasus tanah Penaraga seluas 22,7 are berbandrol Rp687 juta yang melibatkan tersangka mantan Asisten I Setda   Kota Bima, H Syahrullah, SH,...

Politik

Bima, Bimakini.com.-  Dugaan keterlibatan oknum PNS lingkup Pemkab Bima dalam politik praktis Pilkada Kabupaten Bima, mendapat atensi. Meski sebelumnya Pj. Bupati Bima, Drs.Bachrudin menegaskan...