Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Dua Balon Perseorangan Yakin Lolos Verifikasi KPU

Kota Bima, Bimakini.com.-   Dua pasangan bakal calon perseorangan atau independen, yakni Ihsan-Taufik dan Soesi-Rum, telah menyerahkan masing-masing kekurangan syarat dukungan sesuai petunjuk. Meski mereka melengkapi dua kali lipat kekurangan dari sebelumnya, tetapi mereka optimis bisa lolos verifikasi tahap dua yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima.

Ketua tim pemenangan pasangan Soesi-Rum, Drs. Ahmad, mengatakan untuk tahapan kedua pihaknya telah menyerahkan sebanyak 7.300 surat dukungan pada Senin (18/2) lalu. Pada penyerahan itu, timnya sengaja menambahkan 2.300 lebih surat dukungan disamping yang disyaratkan oleh KPU yakni sekitar 5.000 ribu.
Ahmad beralasan teknik itu sebagai langkah antisipatif apabila  saat proses verifikasi faktual secara langsung itu sejumlah pendukungnya berhalangan hadir. Apalagi, diakuinya, saat ini sedang musim tanam dan berladang sehingga kemungkinan akan ada yang berhalangan.
    Namun, dia optimis verifikasi tahap dua saat ini pasangan yang diusung akan mampu lolos karena syarat dukungan yang diserahkan sudah dilengkapi melebihi jumlah yang diminta. 
    “Surat dukungan sebanyak 7.300 telah kita serahkan dan itu murni dukungan baru, bukan dukungan yang sebelumnya telah diverifikasi faktual,” jelas Ahmad dihubungi melalui telepon seluler, kemarin.
     Dikonfirmasi terpisah, Ir. H. Ikhsan mengatakan, untuk jumlah dukungan sudah diserahkan kepada KPU. Namun, mengenai jumlahnya belum mendapatkan laporan dari para tim. Meski demikian, dipastikannya Tim Sukses telah menyiapkan surat dukungan yang sesuai dengan jumlah kekurangan yang diumumkan KPU Kota Bima.
      “Saya yakin lolos, karena banyaknya dukungan  masyarakat agar saya ikut dalam pertarungan pada bulan Mei mendatang,” ujarnya optimis.
       Sebelumnya, Ketua KPU Kota Bima, Hj. Nur Farhaty, M.Si, mengungkapkan berdasarkan hasil verifikasi dan rekapitulasi syarat dukungan tahap satu yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Panitia Pemungutan Suara dilanjutkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan, dan terakhir di KPU Kota Bima, dua balon independen tidak mencapai syarat dukungan sesuai ketentuan.
       Pasangan Ihsan-Taufikurahman dinyatakan kurang 7.365 dari syarat dukungan minimal yang diserahkan yakni 12.149. Pasangan Soesi-Rumkekurangannya sebanyak 2.965  dari yang diserahkan 12.746.
Kekurangan itu, jelasnya, harus diperbaiki dua kali lipat dari jumlah yang kurang oleh masing-masing Balon selama tujuh hari sejak Selasa (5/2).
      Itu artinya, pasangan Soesi-Rum harus menyerahkan 5.930 dukungan baru dan Ihsan-Taufiq harus menyerahkan lagi sebanyak 14.730 dukungan baru. Meski demikian, kedua pasangan Balon tetap berhak mendaftar bersamaan dengan pasangan dari jalur partai politik karena pada awalnya telah memenuhi syarat dukungan dan sebaran. (BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

      Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Kamil Kota Bima, menggelar Kelas Inspirasi, Sabtu, 29 Oktober 2016.  Kegiatan ini diikuti oleh...

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, gelar Kursus Kepemiluan untuk Komunitas Peduli Pemilu, Rabu (19/10/2016). Hadir juga Ketua KPU RI, Juri Ardianto,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dalam waktu sehari, terjadi kehilangan dua sepeda motor milik warga, Jumat (30/09) lalu. Yakni di Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima, Senin (15/8/2016) berkoordinasi dengan Polres Bima Kota terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bima....