Peristiwa

Warga Wadukopa Gelar Shalat Istisqa

Bima, Bimakini.com.-  Persoalan intensitas hujan yang mulai berkurang dua pekan terakhir, menjadi momok bagi petani di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Untuk mengantisipasi itu, kemarin, puluhan warga Desa Wadukopa Kecamatan setempat melaksanakan shalat istisqa atau meminta hujan.   Selain warga, shalat yang dilaksanakan di lapangan desa tersebut diikuti puluhan pelajar.

Kepala Desa setempat, Yuwono, menjelaskan, shalat meminta hujan dilaksanakan karena  rata-rata saat ini petani masih membutuhkan hujan. “Terus-terang rata-rata beberapa hari terkhir ini petani kita resah karena saat ini tanaman mereka masih membutuhkan hujan, sehingga untuk merespons itu kita sepakat menggelar shalat minta hujan,” katanya di Wadukopa, kemarin.

Dikatakannya, pelajar terutama usia anak-anak sengaja diikutkan saat shalat tersebut karena permintaan dan doa anak lebih afdhal atau cepat dikabulkan. “Kita sengaja melibatkan banyak anak-anak, karena doa mereka lebih afdhal ditambah doa pemuka agama. Mudah-mudahan dengan begini cuaca kembali bersahabat bagi petani,” jelasnya.

         Warga setempat, HM. Ali Semba, berharap pemerintah melalui Dinas terkait intensif membina petani dan menyampaikan teknik menghadapi perubahan musim yang tiba-tiba. Hal itu penting untuk mengantisipasi potensi gagal panen. “Kalau bisa, selain shalat meminta hujan, harus ada sosialiasasi dari Dinas terkait, agar petani tidak makin panik setelah intensitas hujan kian berkurang,” harapnya.

      Diakuinya, saat ini rata-rata petani setempat dan di desa lain panik melihat perubahan intensitas hujan. “Kalau mau mengharapkan sumur bor, itu sangat mustahil karena di sini tidak ada dam, sedangkan petani rata-rata menanam padi atau kacang kedelai di tanah tegalan yang jauh di atas permukaan laut,” katanya.

     Pada bagian lain, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menginformasikan, dua hari terakhir intesitas hujan menurun. Berdasarkan pantauan citra radar stasiun setempat, potensi cuaca di Bima dan Dompu saat pagi dan sore hanya berawan hingga hujan ringan. (BE.17)            

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top