Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dikes Tanggung Semua Biaya Pengobatan Mursina

Kota Bima, Bimakini.com.- Informasi mengenai sakit yang diderita Mursina (22), warga Desa Parado Wane Kecamatan Parado Kabupaten Bima akhirnya sampai juga ke ‘telinga’ Pemerintah Kabupaten Bima. Melalui Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, Kamis (21/3) pagi, tim langsung menuju kediaman Mursina dan membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima.

Kini Mursina ditemani sang suami, M. Jumharis (23), Kepala Desa Parado Wane, dan Istri Camat Parado sedang mendapat perawatan medis di RSUD Bima. Rencananya pasien miskin tersebut segera diperiksa penyakit yang diderita supaya bisa dipastikan dirujuk ke RSU Mataram atau RS Sanglah Denpasar, Bali.
Kepala Dikes Kabupaten Bima, drg. Hj. Siti. Hadjar Yoenoes yang dikonfirmasi mengungkapkan bahwa semua biaya pengobatan, rujukan, dan operasi Mursina akan ditanggung oleh Pemkab Bima. Pihaknya mengaku mendapat informasi mengenai kondisi Mursina dari pemberitaan sejumlah media massa.
     “InsyaAllah semua biaya untuk pengobatan hingga operasi Mursina akan ditanggung oleh pemerintah. Tadi pagi, tim Dikes juga sudah menjemput pasien untuk dibawa ke RSUD Bima,” ungkapnya melalui telepon seluler.
      Petugas Dikes, Dra. Fatmah, yang menjemput Mursina kepada wartawan mengaku bahwa sakit yang diderita pasien miskin tersebut memang sudah diketahui sejak awal. Pihaknya telah menangani Mursina ketika penyakit yang didiagnosis menderita tumor – sebelumnya diakui pasien penyakit infeksi nifas – mulai dikeluhkan.
      Keluhan sakit tersebut, katanya, berawal saat dua bulan usai melahirkan pada dua tahun lalu. Dia beberapa kali sempat berobat ke Puskesmas dan RSUD Bima, tetapi tidak ada tanda-tanda kesembuhan. Akhirnya, Mursina ditawarkan untuk dirujuk ke RS Mataram karena tidak kunjung membaik.
     Namun, lanjutnya, saat itu tidak jadi dirujuk karena pasien menolak dengan pertimbangan tidak ada suami dan keluarga yang menemani. Selain itu, beralasan tidak memiliki biaya pengobatan serta biaya hidup selama berobat meski memiliki kartu Jamkesmas.
     “Jadi, bukan kita tidak ingin tangani tetapi saat itu pasien menolak,” ujarnya saat menemani Mursina di RSUD Bima.
    Pihak RSUD Bima melalui dokter yang menangani, dr. Akbar, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pasien mengalami pembengkakan pada bagian perut akibat penumpukan cairan. Hal itu diduga diakibatkan infeksi virus Hepatitis.
      Dikatakannya, selama  bertugas di RSUD Bima, ini ketigakalinya menangani pasien penderita sakit yang sama. Mengenai peluang sembuh, diakui perkiraan sembuh dan angka harapan hidupnya sangat tipis. Hal itu mengingat sakit yang diderita sudah cukup parah.
     Meski demikian, dirinya belum bisa menyimpulkan lebih dini karena bisa saja Tuhan menakdirkan lain dengan memberikan kesembuhan kepada pasien melalui pengobatan medis.
Selain telah mendapat penanganan dari medis, berbagai pihak turut membantu biaya pengobatan ibu satu anak itu.
      Lembaga Sosial, Fokka Jakarta menyerahkan bantuan uang sebesar Rp4 juta lebih dari hasil penggalangan dana.  Selain itu, bantuan lain dari pribadi Tuan Guru Bajang (TGB), Dr. KH. Zainul Majdi, MA, senilai Rp10 juta diserahkan langsung timnya kepada Mursina di RSUD Bima. “Terima kasih atas semua bantuannya,” ujar Mursina dengan rasa haru didampingi suaminya. (BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Memeriahkan HUT ke-15 Kota Bima, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menggelar lomba penataan Pusat Kesehatan Puskemas Masyarakat (PKM). Tim mulai menilai...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman, SE mengingatkan para kontraktor harus mengedepankan mutu pekerjaan yang ditanganinya. Pernyataan itu disampaikan saat...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kebutuhan tenaga medis, khususnya Dokter di Kota Bima saat ini masih kurang. Kondisi itu berimbas pada pelayanan yang tidak maksimal pada...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Sejumlah calon anggota legislatif (Caleg) menilai pernyataan itu Ibnu Khaldun, M.Si, yang meminta seluruh Caleg dan partai politik (Parpol) menghentikan tindakan “penipuan”...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Pascaserahterima jabatan Kapolres Bima Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi Benny Basir Warmansyah, S.IK, Selasa (8/10) pagi mengecek semua unit. Pengecekan itu...