Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Film Karya Satrawan NTB Diputar di Museum Asi Mbojo

Kota Bima, Bimakini.com.- Komunitas Kertas Bima, Sabtu (16/3) malam, menggelar pemutaran perdana film berjudul Puisi di Museum Asi Mbojo. Film pendek tersebut merupakan garapan seniman dan satrawan yang tergabung dalam forum Taman Sastra Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pertamakali diciptakan.

Ketua panitia kegiatan, Husain La Odet, mengatakan pemutaran perdana film Puisi merupakan rangkaian roadshow di NTB oleh Forum Taman Sastra. Film itu diakui sebagai pertanda langkah maju karya sastra di NTB, karena selama ini semua karya sastra yang ada hanya dalam bentuk tulisan dan buku.
“Ini menjadi catatan sejarah baru lompatan karya sastra di NTB karena mampu diukir dalam bentuk audio-visual,” ujarnya di Museum Asi Mbojo.
Pembuatan film itu, ungkapnya, berawal dari terbentuknya Forum Taman Sastra beberapa waktu lalu di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat berkumpulnya 30 seniman dan sastrawan asal NTB. Atas dukungan pemerintah setempat, ide pembuatan film tersebut berhasil direalisasikan. 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima melalui Kepala Bidang Pencanangan, Zulkarnain, MM, M.Par, mengapresiasi hasil karya sastra tersebut. Film itu merupakan kontribusi positif untuk mengangkat citra daerah dalam bidang sastra.
“Kami memberikan dorongan dan siap mendukung sepenuhnya terutama dengan rencana terbentuknya dewan kesenian Kota Bima,” ujarnya.
Pihaknya merasa punya kepentingan karena terbentuknya forum tersebut diharapkan sebagai sentral utama yang bisa mewadahi lahirnya berbagai hasil karya seni dan sastra. Apalagi, diakuinya, banyak nilai-nilai seni dan sastra di Bima yang mulai terpinggirkan seiring dengan berkembangan zaman.
      Dalam film tersebut ditampilkan karya puisi seniman dan sastrawan seperti Emha Ainun Najib dan Khairil Anwar yang dibacakan oleh siswi SMA asal KSB. Setiap penuturan puisi dikombinasikan dengan penggambaran kondisi dan karakter yang sesuai dengan isi sehingga membuat film terasa menarik. (BE.20)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

SAYA tidak punya pengalaman yang cukup untuk menulis tentang olah raga. Sejak pertama menjadi wartawan pun, saya lebih banyak menjadi wartawan bisnis, walau kadang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Akhir Dirman Al Amin terpilih sebagai salah satu sastrawan yang akan mengikuti Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (Munsi) III 2020 yang berlangsung Oktober...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...

NTB

Mataram, Bimakini.- Museum adalah tempat menziarahi masa lalu, masa sekarang dan refleksi masa depan. Pesan besar museum terkait keindahan besar NTB ini belum sampai...