Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

FPPK dan Anggota Polres Gelorakan Gotong-Royong

Bima, Bimakini.com.-Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Kantibmas (FPPK) Kecamatan Woha dan anggota Kepolisian Resort (Polres) Bima Kabupaten, Jumat (1/3) melaksanakan bakti sosial membersihkan masjid, kantor desa, dan saluran irigasi di Desa Talabiu.
Kegiatan tersebut diharapkan memacu partisipasi masyarakat dalam membangun komunikasi dan rasa kebersamaan dalam membangun desa dan menciptakan kondusifitas daerah maupun dalam lingkup terkecil di kecamatan.
Sekretaris FPPK Kecamatan Woha, Abdul Gafur, S.Sos, mengatakan, kegiatan tersebut sengaja digagas dan dilaksanakan untuk memacu partisipasi masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan kondusifitas wilayah. Selama ini, mencul kesan adanya jarak antara warga sipil dengan aparat Kepolisian, karena paradigma lama yang menganggap aparat cenderung mengedepankan pola represif dalam menyelesaikan kasus atau masalah dalam masyarakat.
“Kita ingin mengubah cara pandang dalam masyarakat, bahwa aparat itu bukanlah musuh yang harus ditakuti, tapi merupakan pengayom dan bertugas sebagai pelindung, bukan hanya sekadar simbol, sehingga masyarakat juga bisa berpartisipasi menjaga Kantibmas,” katanya di Talabiu, Jumat.
Diakuinya, sebelum dilaksanakan, rencana kegiatan tersebut disampaikan pada Kapolres Bima Kabupaten dan direspons positif. Melalui gotong-oyong diharapkan pemuda di Woha terutama desa Talabiu, terhindar dari aktivitas negatif seperti tersangkut mengonsumsi minuman keras (Miras) maupun Narkoba.
“Kita tidak ingin so pahlawan, tapi kami yakin melalui pola komunikasi, upaya preventif dan preentif, maka penyakit sosial dalam masyarakat semakin tidak memiliki ruang. Salahsatu fokus kami tentang Miras, karena selama ini Talabiu kerap dicap gudangnya minuman haram, tapi alhamdulillah sekarang tidak punya tempat,” katanya. (BE.17)

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Asisten Indeks Tata Kelola (ITK) Kinerja Polri menggelar rapat di aula Mapolres Bima Kota, Selasa (21/3/17) hingga Rabu (22/3/27). Rapat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Dua pemuda yang diduga terlibat kasus penjambretan terhadap Suryani, SPd, telah dibawa ke Mapolres Bima. Mereka tiba  Jumat (05/08/2016) dinihari sekitar pukul...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Hukum & Kriminal

Bima, bimakini.com.- Dua anggota  Polres Bima Kabupaten diperiksa Propam, karena lalai menjaga tahanan Syukri (29).  Mereka  akan diberikan sanksi disiplin anggota, karena ceroboh saat...