Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pembagian Sembako di Bonto Diduga Selipkan Stiker Qurma

Kota Bima, Bimakini.com.- Pembagian Sembako kepada warga tidak mampu oleh Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker), Selasa (12/3) pagi di Lingkungan Bonto Kelurahan Kolo, menuai sorotan dari warga setempat. Masalahnya, di dalam kantung plastik sembako itu warga mengaku diselipkan stiker pasangan bakal calon Qurais-A. Rahman (Qurma).

Menurut pengakuan warga setempat, AH (45), beberapa hal yang janggal adalah pembagian  itu dipusatkan di Posko pemenangan bakal pasangan calon Qurma dan saat hari libur nasional dan. Pembagian itu terkesan sembunyi tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada masyarakat.
“Kami juga heran orang yang membagikannya justru seorang kontraktor, bukan pemerintah langsung,” ujarnya ditemui di Bonto, Selasa siang.
Diakuinya, semua penerima bantuan difoto satu per satu usai serahterima. Indikasi nuansa politis semakin terasa ketika sebagian warga tidak mampu di lingkungan setempat yang berbeda pilihan tidak mendapatkan bantuan Sembako.   
    “Kami meminta pihak terkait ‘turun tangan’ menindak hal ini karena bantuan pemerintah sudah disalahgunakan,” ujar sumber itu.
      Kontraktor di Bonto, H. Haris,  yang disebut warga membagikan Sembako  itu saat dikonfirmasi membantah adanya nuansa politis dalam pembagian tersebut. Diakuinya, bantuan itu berasal dari Dinsosnaker Kota Bima untuk warga tidak mampu.
      Katanya, penyerahan dilakukan di rumahnya lantaran atas kesepakatan bersama dengan tokoh masyarakat setempat. “Lagian rumah saya di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau warga,” tampiknya.
      Dia juga membantah saat ditanyai ada stiker pasangan bakal calon Qurma dalam kantong plastik Sembako itu. “Tidak ada stiker ataupun foto, semuanya tidak benar,” bantahnya.
       Di tempat terpisah, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Bima, Drs. H. Muhidin,  yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya membagikan Sembako bagi warga tidak mampu di Bonto. Sembako tersebut diakui diprioritaskan bagi warga pesisir dan tidak melaut.
     “Sumber bantuan berasal dari Disnakertrans Provinsi NTB, kami hanya melanjutkan saja dengan memberikan bantuan pada masyarakat lingkungan Bonto,” terangnya melalui telepon seluler.
      Dijelaskannya, total bantuan yang diserahkan apabila dinominalkan sekitar Rp18 juta untuk 210 Kepala keluarga(KK).
Mengenai informasi penyelipan stiker pasangan bakal calon Qurma dalam plastik Sembako, Muhidin mengaku tidak mengetahuinya.
      Pihaknya memastikan pembagian Sembako tersebut sesuai sasaran dan tidak ada maksud politis apa pun. Mengenai pembagian pada hari libur nasional,  menurutnya, tidak ada masalah. (BE.20)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, meminta kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi NTB untuk memastikan stabilitas ketersediaan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Selain bertugas mengatur lalulintas, Sat Lantas Polres Bima juga peduli  terhadap  kegiatan lainnya. Seperti saat ini,  dalam kegiatan Polisi Peduli Pelajar. Mereka...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Peristiwa

Bimakini.com.- Terminal menjadi titik pertemuan masyarakat pengguna layanan transportasi. Tidak hanya masyarakat lokal juga para pendatang yang menggunakan layanan terminal. Karena itu, terminal harus...

Peristiwa

Kota Bima, Bimkini.com.- Sekitar 50 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti pelatihan koramil model.  Sebelumnya mereka mengikuti materi ruangan atau teori, kemarin mereka mendapat...