Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Persiapan Siswa SD/MI Lambitu terus Diasah

Bima, Bimakini.com.-  Dua bulan terakhir, sebanyak 128 siswa peserta Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Lambitu, terus diasah kemampuannya melalui ujicoba (try out). Tahap pertama digelar 25-27 Februari, sedangkan tahap kedua  diagendakan pada 25-27 mendatang.

Kegiatan itu untuk menguji dan mengukur kemampuan siswa dalam menjawab berbagai bentuk soal yang dipredisi sebagai  soal UN yang digelar April mendatang. “Alhamdulillah tryout tahap pertama telah memenuhi standar kelulusan sekitar 80 persen,” ujar Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Lambitu, HM. Said, S.Pd, di Wawo, Senin (18/3).
    Pada tahap kedua nanti, kata Said, kemampuan siswa akan lebih ditingkatkan lagi, sehingga standar nasional kelulusan 5,0 persen bisa diperoleh siswa. Namun, untuk mengasah kemampuan siswa setiap sekolah melaksanakan les melalui kelompok belajar pada setiap desa tempat domisili siswa. Bahkan, setiap kelompok dilengkapi dengan guru pembina bidang studi yang di-UN-kan.
    Jadwal kegiatan les, kata Said, telah dimulai bulan Februari lalu dan dilaksanakan dua hingga tiga kali setiap hari. Siswa akan membahas mengenai bank-bank soal UN dari tiga tahun terakhir yang disesuaikan dengan kurikulum yang dilaksanakan selama ini.
    “Les itu tetap dilaksanakan hingga menjelang UN nanti. Kita berharap tahun ini kelulusan siswa mencapai 100 persen,” katanya.
    Dia berharap nelalui  persiapan yang lebih matang itu siswa tidak mengalami kesulitan  saat menjawab soal. Apalagi, berbagai materil pembelajaran selama ini telah dibahas secara tuntas. Namun, pihaknya tetap mengharapkan dukungan orang tua siswa agar memantau kegiatan belajar siswa.
    “Jangan sampai mereka berpamitan pergi ke sekolah, tetapi ternyata keluyuran kemana-mana. Padahal, merugikan siswa yang bersangkutan,” katanya.
    Tugas dan tanggungjawab Kepala Sekolah dan Guru, katanya, hanya saat mereka berada di sekolah saat jam pelajaran, selebihnya merupakan tanggungjawab orangtua untuk memerhatikan pendidikan anak-anak mereka. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Naas menimpa siswa SDN 14 Kota Bima, Naisya Astriani  (8). Warga RT 09 RW 03 Kelurahan Lewirato ini tewas tenggelam saat...

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...

Berita

Bima, Bimakini.com.- Diduga mengkonsumsi  pil Tramadol, dua orang siswa seuah SMA swasta di  Bolo dan satu siswa SMA negeri di Bolo ditangkap oleh anggota...