Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

MAN 1 Dominasi Juara Lomba Aksioma

Kota Bima, Bimakini.com.- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima menunjukkan pretasi gemilang dengan menyisihkan sekolah lainnya dalam lomba Aksioma Tingkat Madrasah se-Kota Bima. Siswa setempat mendominasi juara pada dua mata lomba yang digelar yakni kaligrafi dan berpidato menggunakan Bahasa Inggris.

Pada cabang lomba kaligrafi putri peringkat satu hingga tiga disabet oleh siswa MAN 1, Nuramtillah, Irdaningsih, dan Ramdani Putri. Untuk putra menempati peringkat tiga, yakni M. Fahimuddin. 
Pada lomba pidato Bahasa Inggris, MAN 1 juga mencatatkan nama siswanya pada peringkat satu, dua, dan empat yakni M. Faisal, M. Rahman, dan M. Hidayaturrahman.  Lomba pidato Bahasa Inggris Putri, MAN 1 menempati peringkat ketiga dan keempat atas nama Eka Purnama Sari dan Rabiatul Awaliyah.
Rencananya siswa yang menempati peringkat teratas akan mewakili Kota Bima mengikuti lomba Aksioma ke tingkat Provinsi NTB.
Kepala MAN 1 Kota Bima, Mansyur, S.Ag, mengaku bangga terhadap  prestasi yang diraih oleh sejumlah siswa binaannya. Lomba yang diadakan dalam rangka Porseni Kompetisi Siswa Madrasah (KSM) itu akan dilangsungkan hingga tingkat nasional. Untuk itu, pihaknya berharap torehan prestasi  itu bisa memotivasi siswa agar mampu menunjukan kualitasnya ke level nasional.
      “Melihat potensi siswa kami, saya optimis mereka mampu menunjukan kemampuan mereka untuk bersaing dengan sekolah lainnya di NTB,” ujarnya kepada Bimakini.com, Jumat (26/4).
       Diakuinya, ke depan MAN 1 akan diarahkan menjadi madrasah unggulan di NTB. Saat ini, pihaknya sedang merancang 22 program pengembangan diri siswa. Di antaranya program penguasaan tiga bahasa dengan baik dan benar yakni Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
Begitu pun pada bidang MIPA, olahraga dan seni pihak sekolah akan menggenjotnya melalui pembinaan ekstrakurikuler.
     Katanya, arah pembinaan yang dibagi dalam 22 program tersebut mengacu pada teori kemampuan dasar manusia yang memiliki delapan kecakapan diantaranya akademik, linguistik, seni, matematika, seni, dan olahraga.
      “Jadi bukan saja otak siswa yang akan kita asah, tetapi kemampuan diluar akademik akan kita perkuat sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa,” terang mantan Kepala MTsN 1 Kota Bima ini.
     Mansyur sangat optimis satu tahun ke depan akan mampu menempatkan MAN 1 sejajar dengan sejumlah sekolah unggulan umum di Kota Bima. Apalagi, dengan daya dukung sumberdaya guru saat ini sudah banyak yang menyandang gelar S2 dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.
      “SDM guru inilah yang memberikan keyakinan pada saya bahwa potensi yang dimiliki MAN 1 sangat luarbiasa apabila dikelola dengan baik dan InyaAllah saya hanya butuh setahun untuk itu,” katannya. (BE.20)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Bima kembali mengukir prestasi pada berbagai  lomba yang diadakan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mematangkan persiapan kegiatan lomba kelurahan, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum (APU) Setda Kota Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) di aula Pemerintah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Unit Pelaksa Tehnis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kecamatan Belo, menggelar lomba cerdas cermat, siswa berprestasi, Olimpiade,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Perlombaan bidang olahraga, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam antarguru dan antarpelajar tingkat Sekolah Dasar/ sederajat dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Nurul Hidayanti siswi kelas 3E  Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Madapangga, juara nasional dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional...