Politik

Pegawai Sekretariat Panwaslu Terpaksa Nginap

Bima, Bimakini.com.- Kesuksesan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dan Pemilu Legislatif tidak sepenuhnya bergantung pada Komisioner penyelenggara. Namun, juga dipengaruhi tenaga pendukung di Sekretariat. Nah, menyusul mulai padatnya tahapan Pemilu, sejumlah pegawai Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) pun terpaksa menginap di kantor.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bima, Ihsyan, S.Sos, mengatakan, secara umum jika merujuk pada beban tugas, tenaga pendukung di Sekretariat masih kurang. Hanya saja, terbentur regulasi terkait dan  pagu anggaran yang tersedia, sehingga tenaga pendukung yang umumnya PNS dan pegawai non-PNS terpaksa bekerja hampir maraton menyesuaikan diri dengan tahapan.
     “Kalau dukungan tenaga dengan aktivitas yang cukup padat ini,  masih kurang, tapi terbentur lagi dari amanat DIPA APBN, tenaga pendukung APBN itu sebanyak 12 orang, untuk menyiasati itu kami sudah mengeluarkan draf pembagian tugas,  karena menjelang pendaftaran bakal calon (legislatif) di KPU,” katanya di Sekretariat Panwalsu Kabupaten Bima di Palibelo, kemarin.
     Ihsyan memastikan, seluruh tenaga pendukung  akan bekerja maksimal membantu anggota Panwaslu setempat, kendati jumlah personel masih kurang. Diakuinya, respons Pemerintah Daerah melalui Bupati Bima sangat cepat, salahsatunya menyiapkan dukungan kendaraan operasional, fasilitas pendukung seperti komputer. “Bapak Bupati sudah merespons dengan baik apa yang menjadi hajatan kami di Panwaslu, terkait dengan eksistensi Kesekretariatan di Panwaslu, kami merasakan bagaimana tinggi aktivitas mulai dari tahapan pendaftaran, bakal calon anggota legislatif, DPRD, DPD, DPRD Provinsi, DPR,”  ungkapnya.
      Diakuinya, hingga kini tahapan Pemilukada dan Pemilu Legislatif memang belum memasuki babak krusial yang berpotensi diwarnai protes maupun insiden. Namun, pihak Kepolisian diharapkan mendukung penuh keamanan setiap Sekretariat penyelenggara Pemilu. “Aktivitas di sini sampai malam, bahkan kami  tidur di sini, karena rekapitulasi suara nanti, dan kami sepakat harus kerja paruh waktu. kami  akan mendukung dengan sepenuh hati Pilgub maupun Pemilu Legislatif,” katanya. (BE.17)
 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top