Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pengelolaan dan Pemanfaatan Terumbu Karang Disepakati

Kota Bima, Bimakini.com.- Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias (AKKI) Indonesia, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Kantor  Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Bima-Dompu menandatangani Nota kesepahaman dan kesepakatan pemanfaatan, pengelolaan karang hias di Kabupaten Bima. Kegiatan itu difasilitasi Forum Komunikasi Pemuda Peisisir (FKPP) Bima, Sabtu (27/4) di Hotel Lila Graha Kota Bima.

Sekretaris FKPP Bima, Abdul Hamid menyebutkan, sejumlah poin kesepakatan yang dirumuskan,  di antaranya menyepakati  adanya syarat-syarat tambahan yang merupakan syarat kearifan lokal dalam pengajuan izin pemanfaatan  karang hias yang mengikat yakni pernyataan komitmen bagi setiap unit usaha.
“Dalam nota kesepakatan juga disepakati menjadi suatu kewajiban untuk menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan operasional secara tertulis secara berkala kepada Pemerintah Kabupaten Bima cq Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Bima,” katanya di Hotel Lila Graha, kemarin.
  Selain itu, bersedia dan menjadikan  kewajiban  melaksanakan transplantasi karang hias pada lokasi tertentu yang ditentukan bersama Pemerintah Kabupaten Bima. Suatu kewajiban untuk menyertakan dokumen Surat Keterangan Asal dalam setiap pengiriman produksi.
“Dasar nota kesepahaman ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban dan kesepakatan menaati ketentuan yang berlaku,” jelasnya. (BE.17)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Masa depan ketersediaan pangan yang bersumber dari komoditas kelautan dan perikanan di Kecamatan Langgudu dan sekitarnya akan banyak ditentukan oleh keberlanjutan sumberdaya...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Opini

 Oleh: Musthofa Umar, S. Ag, M.Pd.I (Tulisan ini disampaikan pada Tausiyah PC PMII Bima di Masjid Al Anshor Penatoi – Kota Bima)  Berdasarkan tinjauan...