Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

UN SMA/SMK Diundur, Pihak Sekolah Tetap Siap

Kota Bima, Bimakini.com.- Pelaksanaan  Ujian Nasional (UN) untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang awalnya dijawalkan mulai Senin (15/4) ini diundur. Persoalan tersebut disebabkan lambannya ditribusi soal dari pihak percetakan di Jawa Barat yang ditunjuk Pemerintah Pusat.

Meski demikian, penundaan jadwal UN itu dipastikan tidak berkaitan dengan persoalan kesiapan siswa dan sekolah menghadapi ujian. Semua sekolah di Kabupaten Bima sudah siap ‘tempur’  menghadapi 20 paket soal yang berbeda itu.
       Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, Amiruddin, S.Pd, M.Si, menjelaskan, kepastian pengunduran jadwal UN sesuai informasi yang disampaikan Dinas Dikpora Provinsi NTB dan pihak panitia dari Universitas Mataram (Unram). Sebab, hingga Minggu kemarin, distribusi soal tersebut belum sampai di Kepolisian Daerah (Polda) NTB.
       “Memang sudah pasti ditunda karena hingga kini soal belum sampai di NTB, padahal distribusinya mestinya sudah sampai dua hari sebelum ujian,” jelasnya melalui telepon selular (Ponsel), Minggu pagi.
    Dikatakannya, kondisi tersebut tidak hanya dialami Provinsi NTB,
tetapi pada 10 daerah lainnya. Menyusul kondisi tersebut, jadwal ujian yang mestinya  Senin (15/4)
dilaksanakan Jumat (19/4), sedangkan jadwal hari Selasa diundur pecan depan.  “Ujian baru akan dilaksanakan Rabu, hanya hari Rabu dan Kamis jadwalnya yang tidak berubah,” katanya.
    Diungkapkannya, penundaan jadwal ujian sudah disampaikan kepada seluruh panitia dan masing-masing pihak sekolah. “Ini kondisi yang tidak bisa kita prediksi sebelumnya, karena ini tidak hanya bersifat lokal Bima saja tetapi dialami beberapa daerah. Untuk pencetakan soal dilakukan di Jawa Barat, sedangkan distribusinya ke NTB dikawal oleh pihak Polda dari sana,” katanya.
    Amiruddin memastikan penundaan jadwal UN tidak berkaitan dengan persoalan kesiapan siswa dan sekolah menghadapi ujian. Apalagi untuk menciptakan peluang kecurangan seperti kebocoran soal.
     “Ini semata-mata karena keterlambatan dari sana. Insya Allah mungkin hari Senin soal sudah sampai di Polres selanjutnya dikawal aparat dari Polda NTB,” jelasnya.
    Pada bagian lain, informasi yang dihimpun, pengunduran jadwal UN sudah diketahui sejumlah sekolah dan beberapa siswa. (BE.17)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

 Oleh: Eka Ilham., M.Si *) KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspendik sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 melakukan terobosan baru yakni pemanfaatan komputer dalam pelaksanaan Ujian...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTsN I Kota Bima atau lebih dikenal MTs Padolo masih lumpuh. Sejumlah guru dibantu belasan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy mengunjungi Kota Bima untuk meninjau sekolah terdampak banjir serta menyerahkan bantuan. Dampak...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 mendatang akan ditinjau. Pasalnya, banyak sarana komputer yang akan digunakan UNKB rusak terendam banjir....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Berdasarkan data sementara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, ada 38 dari 120 sekolah yang rusak. Baik SD, SMO,...