Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

KAP Sediakan Buku untuk Narapidana

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.com.- Program pembudayaan membaca terus digalakkan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan (KAP) Kota Bima. Tidak hanya ditujukan bagi pelajar dan masyarakat umum, kantor setempat bekerja sama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Raba Bima menyalurkan berbagai buku bacaan bagi narapidana.

Kepala KAP Kota Bima, Dra. Hj. Sri Rahmawati, MH, mengaku telah lama melaksanakan program tersebut dan direspons positif oleh pihak Rutan. Berbagai buku bacaan, terutama tentang keagamaan dan pembinaan keterampilan,  disalurkan untuk menambah wawasan narapidana.
Aktivitas narapidana yang dilakukan di dalam, sangat terbatas dan lebih banyak dihabiskan untuk duduk menunggu waktu yang berganti. Untuk itu, buku bacaan sangat penting bagi mereka agar waktu tidak terbuang percuma dan diisi hal positif.

“Buku bacaan tentang agama yang disalurkan, minimal bisa menggugah mereka agar memerbaiki ahklak, sementara buku tentang ketrampilan diharapkan bisa menjadi pedoman pengembangan kompetensi diri,” terangnya kepada Bimakini.com di kantor setempat, Rabu (29/5).

Agar para narapidana tidak jenuh membaca buku yang sama, katanya, setiap bulan KAP akan menyalurkan lagi buku lain yang berbeda. Program tersebut diakui merupakan bagian dari upaya membudayakan membaca kepada masyarakat.
Upaya lainnya yakni mengefektifkan mobil Perpustakaan Keliling yang berisi berbagai buku bacaan. Mobil tersebut bisa  didatangi pada beberapa tempat ramai yang ditentukan, seperti Taman Ria, Paruga Na’e, Danatraha setiap hari Minggu pagi.

Pihaknya juga telah menjadwalkan khusus mobil keliling tersebut mendatangi sejumlah sekolah dengan sasaran para pelajar. Selain itu, untuk memotivasi pelajar dan mahasiswa berkunjung, KAP memrogramkan kunjungan berhadiah. Apabila pelajar dan mahasiswa intensif berkunjung hingga 10 kali, menyediakan hadiah seperti perlengkapan sekolah.

Cara tersebut, diakuinya, terbukti ampuh karena jumlah kunjungan pelajar dan mahasiswa semakin meningkat. Data yang dihimpun KAP, pada tahun 2012 lalu jumlah pengunjung sebanyak 3.481 meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pengunjung tetap yang telah memiliki kartu anggota sebanyak 911 orang. 

“Mudahan-mudahan ke depan masyarakat kita menjadikan membaca sebagai kecintaan dan hobi sehingga banyak ilmu yang dibaca,” harapnya. (BE.20) 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Julukan Kartini masa kini rasanya tepat disematkan pada seorang ibu guru Cantik yang mengabdi di SMA Negeri 3 Kota Bima, Suhada,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Serikat Guru Indonesia (SGI) Bima menjalin kerja sama dengan penerbit SMI Yogyakarta untuk menerbitkan buku tulisan best practice guru. Pada 7 Februari...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Rumah Cita dan Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) kembali menggelar aksi bagi bunga pesan Pilkada Damai. Jika sebelumnya di Tente, kini aksi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Komunitas Pramuka Peduli menyiapkan program penggalangan dana Satu Koin Untuk Duka Bajo Pulo.    Sebelumnya, membersihkan lokasi Posko bantuan bencana dan menyiapkan masjid...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita gencar melakukan kegiatan untuk mendorong peningkatan kualitas pemilih. Demikian juga menyerukan Pilkada damai sebagai...