Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Latgab TNI Operasi Linud, Lancar

Kota Bima, Bimakini.com.- Setelah sehari sebelumnya ditunda karena cuaca buruk, akhirnya latihan gabungan (Latgab) operasi lintas udara (Linud) atau terjun payung di Dusun Godo Desa dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima berlangsung lancar dan sukses, Sabtu (18/5). 

     Sebanyak 421 penerjun yang diangkut pesawat Hercules itu, mendarat selamat di lokasi setempat. Para penerjun pun memulai simulasi perang memerebutkan wilayah dari penguasaan pemberontak. 

      Kapendam IX Udayana, Kolonel (Armed) Wing Handoko ST, mengatakan, seluruh penerjun yang melakukan operasi lintas udara, mendarat selamat. Para prajurit TNI bersenjata lengkap yang melakukan operasi pembebasan wilayah dari kekuasaan musuh (pemberontak) itu, bagian dari Latgab TNI yang dipusatkan di Bima. 

     Dijelaskannya, ada 421 personel penerjun yang mendarat. Mereka diangkut menggunakan  tujuh pesawat Hercules. “Enam pesawat pengangkut pasukan penerjun dan satu pesawat pembawa logistik,” katanya.

    Diakuinya, Latgab  itu melibatkan 6.745 prajurit yang terdiri dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut(AL), Angkatan Udara (AU), dan dibantu Kostrad dan Koramil i daerah.

    Latgab ini, katanya,  merupakan rangkaian yang telah dilakukan sebelumnya di daerah Situbondo, Surabaya, Sanggata, dan penutupnya di Bima. Tujuan pelaksanaan kegiatan latihan ini untuk meningkatkan integritas dan profesionalisme TNI sehingga tercapai kemampuan taktis yang baik bagi perorangan maupun kesatuan dalam menjaga NKRI. 

    Selain kegiatan Latgab, pihaknya juga melakukan beberapa kegiatan bakti sosial, sehingga masyarakat juga dapat mengenal bahwa TNI merupakan bagian dari masyarakat.

Dia mengapresiasi antusiasme masyarakat sewaktu menyaksikan atraksi penerjun. 

    Saat itu, Latgab disaksikan Kasum Mabes TNI, Letjen Boy Syahril Qamar dan Kasdam IX Udayana, Brigjen Pratimun, S.Sos.

Selain itu, Wali Kota Bima, HM.Qurais, Bupati Bima, H.Fery Zulkarnain, ST, dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima.

     Pantauan Bimakini.com, Latgab disaksikan ribuan warga yang menyaksikan atraksi penerjun payung prajurit TNI. Saat tim penerjun mendarat,  masyarakat yang antusias menonton sempat mengabadikan gambar para prajurit tersebut. (BE.19)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, melepas Satuan Tugas Zeni TNI Rehab dan Rekon Wilayah NTB, di Pelabuhan Lembar, Senin (30/12/2019). Diawali pemeriksaan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah penerjun payung Marinir TNI Angkatan Laut (AL) mendarat darurat di sejumlah lokasi di Kota Bima. Merkea  dihempas anging kencang, Senin...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman, SE, mengapresiasi jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang selama ini banyak memberikan dukungan terhadap...

Peristiwa

  Kota Bima, Bimakini.-  Seminggu sudah berlalu sejak banir bandang pertama menerjang dan meluluhlantakkan Kota Bima, telah menyikan banyak kepedihan dan derita bagi mayarakat....

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah Kapal Republik Indonesi (KRI)  Teluk Bintuni, pertemuan dilakukan di Kantor Pemkot Bima, Selasa (27/12/2016). Pertemuan langsung dipimpin Wali Kota Bima,...