Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Nilai UN sebagian Siswa belum Jelas

Bima, Bimakini.com.- Hasil Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat diumumkan serentak seluruh daerah di Indonesia, Jumat (24/5) lalu. Namun, hingga kini masih ada sejumlah siswa di Kabupaten Bima yang belum jelas hasilnya. Masalah  itumasih diurus Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A. Zubair, M.Si, menyebutkan, selain empat siswa SMA Muhammadiyah Woha, sejumlah peserta ujian dari SMAN 1 Soromandi juga belum mendapatkan nilai UN. Umumnya, siswa tersebut mengikuti ujian kendati di Puskesmas karena dalam keadaan sakit. 
   Hanya saja, persoalannya, panitia tidak mencantumkan nomor ruangan karena ujian di laksanakan di luar sekolah, lazimnya siswa lain. Hal tersebut diduga pemicu sehingga sebagian siswa belum memiliki nilai hasil UN.
“Sebenarnya dulu itu bisa dilakukan dan bawa saja absen ke Puskesmas dan ditandatangani serta dibuatkan berita acara,  soal kan tetap 20 paket, hanya saja  tidak di ruangan kelas, karena sebagian siswa memang dalam kondisi sakit,” katanya saat rapat MKKS di Kecamatan Woha, kemarin.
     Dia mengisyaratkan, Dinas Dikpora akan berupaya maksimal, termasuk berkoordinasi panitia dan Rektor Universitas Mataram. Sesuai hasil  klarifikasi Dinas setempat terhadap siswa yang belum mendapatkan nilai, umumnya mereka mengaku  tetap mengikuti dan mengerjakan soal ujian meskipun dalam kondisi sakit. 
    “Kita akan berjuang, apalagi anak-anak yang tidak mendapatkan nilai termasuk siswa yang berprestasi di sekolahnya seperti di SMA 1 Soromandi, siswa sudah  melaksanakan UN seperti halnya teman-teman siswa lainnya,” ujarnya.
    Menurut dia,  hasil UN SMA, SMK yang diumumkan Jumat lalu murni sesuai tingkat kemampuan siswa dan usaha guru membimbing calon peserta.  “Ini sudah luarbiasa dan jujur ini semua dari Allah dan saya sampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada  seluruh Kasek bersama rekan-rekan guru,  dengan hasil yang diraih Kabupaten sudah sangat puas, tentu ini semua didapatkan karena perjuangan teman-teman semua,” katanya.
     Zubair optimis jika hasil UN sejumlah siswa yang belum memiliki nilai sudah masuk dan dikompilasi dengan persentase sebelumnya, maka tingkat kelulusan SMA dan sederajat di Kabupaten Bima bisa menembus 100 persen. 
     “Untuk siswa-siswa kita yang belum ada nilainya, kita harapkan bersabar, yang pasti Dinas akan berjuang,” katanya. (BE.17)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...

Berita

Bima, Bimakini.com.- Diduga mengkonsumsi  pil Tramadol, dua orang siswa seuah SMA swasta di  Bolo dan satu siswa SMA negeri di Bolo ditangkap oleh anggota...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kasus pengancaman  terhadap  guru  muncul  di SMK 45 Kota Bima. Para guru diancam menggunakan pisau yang diduga melibatkan siswa setempat berinisial...