Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Peringatan 2 Abad Letusan Tambora Disiapkan

H. NURDIN, SH

Bima, Bimakini.com.- Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Bima  saat ini merancang berbagai persiapan untuk memeringati 2 abad meletusnya gunung Tambora. Gunung yang meletus pada tahun 1815 itu menyita perhatian dunia. Lokasi  itu  banyak dikunjungi wisatawan asing dan peneliti  asing.

     Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), H. Nurdin, SH, mengatakan saat ini sedang fokus  dengan berbagai macam  persiapan. Satu di antaranya adalah event Tambora Menggapai Dunia yang diselenggarakan di bundaran Hotel Indonesia  Jakarta. Event  tersebut terselenggara atas kerjasama Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.
    Selain itu, rangkaian dari peringatan  itu akan menyelenggarakan promosi wisata pada tanggal 27 Juni 2013, karena banyak potensi wisata di Bima, khususnya di sekitar wilayah Tambora yang perlu dikembangkan dan dipromosikan.  Kemudian membangun pusat informasi di kawasan tambora,   pada setiap Pos pendakian  akan dibangun tempat peristrahatan.
    “Agar para pendaki,  entah itu dari daerah sendiri maupun pendaki asing, bisa bersantai di lokasi tersebut. Kemudian kami juga akan menyelenggarakan pelatihan pramuwisata (pemandu wisata),” katanya di dinas setempat.
     Nurdin mengatakan akan merehab Pesanggrahan di Desa Oi Tui Tambora dan dijadikan  Pusat Informasi Pariwisata dengan membangun rumah penginapan sebanyak 10 kamar. Momentum peringatan itu akan  dimanfatkan dari semua sisi semaksimal mungkin sebagai ajang promosi wisata dan budaya Bima.
     “Seperti koleksi benda-benda sejarah, situs-situs budaya  bersejarah, terutama situs yang telah di temukan  oleh peneliti asing di wilayah Tamjbora.  Kita perlu tunjukkan beragam informasi sejarah dan budaya kita  karena tamu bukan hanya dari dalam negeri, tetapi  mancanegara,”  jelasnya.
     Dia mengharapkan dukungan infrastruktur dari SKPD tertentu yang  menunjang seperti jalan pengerasan jalan, perbaikan dermaga dan pelabuhan laut,  serta penerangan  di sekitar wilayah Tambora.  Untuk wilayah Bima pada umumnya, masalah fasiltas umum sudah lengkap, ada Bandara, Pelabuhan Laut, sehingga tidak sulit bagi tamu yang  berkunjung. 
      “Tentunya kesediaan masyarakat setempat bisa menerima tamu, saling jaga keamanan. Tapi, kami tetap terus menyosialisasikan pada tiap event kepada masyarakat,” terangnya. (K09)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Program bedah rumah di Desa Oi Bura Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima disoalkan oleh anggota kelompok penerima bantuan. Dana bersumber dari Dinas Sosial...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Kamis (9/3/2017) memantapkan persialan untuk pelaksanaan event Bike Camp dan Trabas jelajah Tambora. Persiapan kegiatan itu dengan...

Jalan-jalan

Dompu, Bimakini.- Anda pernah mendengar Pantai Ombo  di Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu? Saat ini merupakan destinasi baru wisata yang  ramai dikunjungi warga....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Ada yang mengejutkan dari kehadiran Camat Tambora, Mahmud Aziz, Senin (05/09) siang,  di tenda yang dihuni warga Desa Oi Katupa. Saat di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Polisi Wanita (Polwan) Polres Bima Kabupaten, patut diapresiasi. Memeringati HUT ke-68, memilih untuk mendaki puncak Tambora. 14 Polwan tangguh ini menggelar upacara...