Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sejumlah TPS Rabadompu Timur Kekurangan Kertas Suara

Kota Bima, Bimakini.com.- Saat pemungutan suara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Wali dan Wakil Wali Kota Bima, Senin (13/5), beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengalami kekurangan kertas suara pasangan calon. Namun, kekurangan itu dapat diatasi dengan mutasi surat suara di TPS lain oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

    Pantauan Bimakini.com di Kelurahan Rabadompu Timur, Senin (13/5), beberapa TPS yang mengalami kekurangan suara adalah TPS IV. Jatah suarat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 376 orang, tetapi surat suara yang tersedia hanya 326 surat suara. Namun, di TPS 2 tidak ada kekurangan dan kelebihan karena surat suara cadangan 2,5 persen tidak ada.
    “Sebagai Ketua PPK, saya segera menindaklanjuti laporan dari Ketua KPPS dengan mengecek secara langsung pada TPS IV Kelurahan Rabadompu Timur,” ujar Ketua PPK Raba, Bukhari di TPS IV, Senin.
    Dia mengaku jumlah pemilih di Kecamatan Raba sebanyak 12.656 pemilih laki-laki dan 13.962 pemilih perempuan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 26.618 pemilih yang tersebar pada tujuh TPS. Kendala yang dihadapi itu dapat diatasi dengan cepat oleh  PPS dan PPK, sehingga semua teratasi. 
    Informasi dari beberapa PPS di  Kelurahan Lampe, Kodo, dan Dodu tidak ada masalah. KPPS mulai membuka rapat pemungutan suara sejak pukul 07.00 WITA dan berakhir sebelum pukul 13.00 WITA. Bahkan, ada beberapa TPS yang dapat menuntaskan pemungutan suara hingga pukul 11.00 WITA.
     Namun, untuk sertifikat hasil hingga pukul 17.00 WITA masih berlangsung dan belum ada saksi yang menandatangani berita acara.
    “Alhamdulillah semua proses pemungutan suara hingga penghitungan suara berlangsung lancar dan aman,” ujar Ketua PPS Kelurahan Lampe, A. Halik, S.Pd, saat meninjau TPS I Kelurahan Lampe, Senin.
    Lain halnya dengan beberapa TPS di Kelurahan Dodu hingga pukul 17.00 WITA msih menuntaskan penulisan berita acara penghitungan suara untuk format C1-KWK dan lainnya. Saat penulisan itu, belum ada saksi pasangan calon yang meneket berita acara penghitungan suara.
    “Kita minta kepada ketua dan anggota KPPS dapat menuntaskan semua berita acara baru bisa pulang ke rumah,”ujar ketua KPPS II Kelurahan Dodu, di halaman SDN 63 Kota Bima, Senin. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat  (PKM) Madapangga, Firdaus, SKep, meminta agar ada penambahan tenaga medis atau dokter. Sedianya dokter...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Selain bertugas mengatur lalulintas, Sat Lantas Polres Bima juga peduli  terhadap  kegiatan lainnya. Seperti saat ini,  dalam kegiatan Polisi Peduli Pelajar. Mereka...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Peristiwa

Bimakini.com.- Terminal menjadi titik pertemuan masyarakat pengguna layanan transportasi. Tidak hanya masyarakat lokal juga para pendatang yang menggunakan layanan terminal. Karena itu, terminal harus...

Peristiwa

Kota Bima, Bimkini.com.- Sekitar 50 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti pelatihan koramil model.  Sebelumnya mereka mengikuti materi ruangan atau teori, kemarin mereka mendapat...