Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Selamatkan Pelajar dari Narkoba dan Miras!

Bima, Bimakini.com.- Kasus Narkoba dan minuman keras (Miras) kini telah lama merambah para pelajar dan mahasiswa.  Para generasi masa depan itu terjebak pengaruh lingkungan dan kehidupan modern yang menjerumuskan. Terakhir, Minggu lalu, dua pelajar dibekuk karena kepemilikan tiga poket ganja.    Bagaimana menyelamatkan mereka dari pengaruh buruk  itu? 

Warga Kota Bima, Syamsudin, mengatakan sering munculnya kasus Narkoba dan Miras pada pelajar di Bima adalah pukulan berat bagi dunia pendidikan. Kasus itu selayaknya menjadi fokus perhatian      para guru dan orangtua untuk diantisipasi. Penguatan pendidikan keagamaan harus ditingkatkan, demikian juga dengan  pendidikan karakter. Pelajar yang terjebak kasus adalah mereka yang tidak memiliki karakter dan mentalitas, sehingga mudah terpengaruh. 

      “Kita berharap kasus Narkoba dan Miras yang melanda pelajar berkurang, caranya dengan penguatan pendidikan agama dan karakter,” katanya di Kelurahan Penatoi, kemarin.

      Bagi guru Pendidikan Agama Islam, Faridah, kasus yang menimpa pelajar merupakan tantangan  yang harus dicari solusi penanganannya agar ke depan tidak terulang. Para pelajar dan mahasiswa adalah generasi masa depan yang diharapkan menjadi pelanjut pembangunan. Jika saat ini mereka sudah terjebak pengaruh lingkungan atau tidak memiliki karakter, maka kondisi itu sangat tidak menguntungkan bagi mereka dan bangsa. 

      Katanya, salahsatu solusinya adalah anak-anak terbuka terhadap situasi lingkungannya sehingga ada gambaran untuk mengantisipasi. 

     Selain itu, katanya, pendekatan antara guru dengan orangtua murid sehingga mengetahui langsung kondisi siswa yang sebenarnya, supaya mereka bisa memfilter dirinya dari kondisi (buruk) nonformal atau masyarakat. 

     Dikatakannya, pendidikan agama di sekolah mesti didukung oleh peran kuat orangtua dan lingkungan yang baik sehingga berlangsung dari dua arah. Oleh karena itu, untuk menyelamatkan generasi muda itu semua pihak mesti bersinergi. Tidak bisa hanya mengandalkan satu arah saja.                  

    “Generasi ini harus diselamatkan dari pengaruh negatif yang merugikan masa depan mereka sendiri,” kata alumnus IAIN Alaudin Makassar ini di Mpunda, kemarin.                  

      Sebelumnya, seperti diberitakan Bimakini.com,  dua pelajar Bima  Minggu (18/5) kembali  dibekuk oleh aparat Kepolisian karena diduga memiliki tiga poket ganja. Mereka adalah BTL (18 tahun) dan FDl (17 tahun),  berasal dari Kelurahan Dodu dan pelajar sekolah swasta di Kota Bima. 

Pengakuan kedua pelajar tersebut  kepada wartawan,  ganja itu dibeli atas suruhan rekannya FBI, pemuda pengangguran asal kampung setempat. “Disuruh beli oleh teman di Tanjung,” kata FDL di Sat Narkoba, Minggu (19/5).

Jumlah ganja yang dibeli, kata FDL, sebanyak tiga poket senilai Rp90 ribu atau Rp30 ribu/poket. Kini keduanya menjalani proses hukum dan meninggalkan bangku sekolah. (BE.12)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Seorang pemuda di Kota Bima, HR (23), disergap Tim Puma 2 Sat Reskrim Polres Bima Kota saat hendak mengedarkan sabu-sabu. Saat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kerja keras Satuan Reserse Narkoba Polres Bima Polda dalam memberantas peredaran gelap Narkoba di wilayah hukumnya kembali membuahkan hasil. Kamis malam (08/02/24) Tim...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Satuan Reserse Narkoba Polres Bima Polda dikendalikan oleh Kasatnya Iptu Abdul Malik SH berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku pengedar Narkoba jenis...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim gabungan dari Polsek Sape Polres Bima Kota berhasil menggagalkan penjualan berbagai jenis Minuman Keras (Miras) dalam operasi razia menjelang pergantian...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Tim Opsnal Polsek Rasanae Barat (Rasbar) Polres Bima Kota kembali berhasil menggagalkan upaya penjualan minuman keras (miras) jenis Arak Bali di...