Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Teater Putih FKIP Unram Bina Pelajar Wawo

ilustrasi

Bima, Bimakini.com.- Tim pembina Teater Putih Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram), Senin (29/4), mengarahkan  puluhan siswa SMAN 1 Wawo, SMPN 1 Wawo, dan MTsN Wawo. Mereka dibina dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Teater dan Pantomim. 

    Siswa mengaku senang dan mengikuti sesi latihan konsentrasi, permainan yang berkaitan dengan dasar-dasar teater, dan permainan isyarat (pantomim) yang dilakukan oleh pembina Teater Putih. Apalagi, malam hari digelar pementasan drama dan pantomim dengan judul ‘Rentenir Gila’ karya Yusran Hadi, Sutradara, Robi Mandalika.

Ketua panitia, Muhammad Andriadi, mengatakan, kegiatan itu merupakan jalinan kerjasama FKIP Unram dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan Pemkab Dompu melalui Dinas Dikpora Kabupaten Bima dan jajaran SMAN 1 Wawo. Namun, pesertanya bukan hanya siswa SMA, tetapi juga siswa SMPN 1 Wawo dan MTsN Wawo.

“Kita bersyukur kegiatan ini diapresiasi oleh jajaran pendidikan, terutama siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Mereka sangat senang dengan sesi latihan yang diperagakan,” ujarnya usai latihan di Lengge  Nae Wawo, Senin.
    Sesi latihan dan pembinaan itu, kata dia, disampaikan oleh pembina FKIP Unram, Murahim, M.Pd, Sutradara bujangan  itu menyampaikannya secara santai. Siswa yang menikmati racikannya merasa senang, nyaman, dan berkesan. 

    Tidak hanya itu, ada juga asisten sutradara ‘Rentenir Gila’, M. Zaenal Abidin, pelakon Dwi Winarti, Moh. Arif Munandar, dan lain-lainnya. Selain itu, ada pembina teater SMAN 1 Wawo, Rasyidin, S.Pd. “Kita berharap dengan  Diklat singkat ini memberikan warna baru bagi siswa untuk mencintai dunia teater dan pantomim,” katanya.

    Dia mengharapkan kerjasama  itu terus dijaga dan dilanjutkan sehingga ke depan seni teater di Kecamatan Wawo bisa menciptakan karya seni yang bisa dikembangkan oleh siswa dan warga.

   Kepala SMAN 1 Wawo, Muhtar, S.Pd, mengatakan, jalinan kerjasama  itu merupakan era baru, khususnya pendidikan dan pelatihan teater dan bagian dari kegiatan belajar- mengajar yang terus dikembangkan.

    “Selama ini siswa hanya menonton sesi drama di televisi, tetapi mereka belum tahu mengenai seluk beluk mengenai permainan drama itu. Dari Diklat ini siswa mendapatkan gambaran awal mengenai seni teater,” katanya. 

    Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Camat Wawo, Ridwan, S.Sos dan ditutup Kepala SMAN 1 Wawo, Muhtar, S.Pd, di Lengge Nae Wawo. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

Peristiwa

Mataram, Bimakini. – Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mataram (IKA Unram) direncanakan akan digelar secara hybrid pada 29-30 Mei 2021. Berbagai persiapan...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

NTB

Mataram, Bimakini.- Sebagai salah satu provinsi lumbung ternak nasional, NTB ditunjuk dan dipercaya sebagai tuan rumah seminar internasional pengembangan ilmu pakan dan nutrisi ternak/international,...