Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tim Lomba Desa Kunjungi Kombo

Bima, Bimakini.com.- Safari Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima tahun 2013 berakhir di Kecamatan Wawo. Desa terakhir yang dikunjungi tim penilai adalah Kombo, Senin (29/4/2013).

Di desa yang dikenal dengan hawa sejuk ini, tim yang beranggotakan 12 orang disambut dengan tarian “Lengge”. Tampak di antara penyambut adalah Camat Wawo Drs. Muhammad. Rum, Forum Pimpinan Kecamatan, Kades Kombo dan warga yang sejak pagi menunggu di tepi jalan.
Camat Wawo  mengatakan, persiapan fisik dan data untuk menyambut lomba desa baru dilaksanakan tiga hari sebelumnya. Hal itu disebabkan karena kesibukan warga desa Kombo menyambut panen raya. Harus  dimaklumi, panen padi di Wawo hanya sekali setahun, sehingga warga lebih dahulu mementingkan panen ketimbang menata lingkungan.
“Walaupun baru ditata tiga hari, Desa Kombo siap bersaing dengan desa lainnya,”ujarnya.
Kepala Desa Kombo, Bunyamin, S.Pd, mengatakan, pada tahun 2007 Kombo pernah ikut lomba yang sama, tetapi tidak masuk nominasi. Keikutsertaan tahun ini adalah hal yang dinantikan untuk meraih juara yang diharapkan beberapa tahun silam.
Untuk merebut juara, pihaknya mengandalkan bidang pendidikan. Beberapa tahun terakhir tidak terdapat angka putus sekolah pada usia 7-15 tahun. Hal ini terwujud akan kesadaran masyarakat menuntut ilmu dan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam bentuk pemberian beasiswa.
Wakil Ketua Tim Penilai,  Syafrudin Daud, S.Sos, mengatakan penilaian lomba desa mencakup dua aspek yaitu data administrasi dua tahun terakhir berdasarkan sembilan indikator dan kesesuaian data dengan kondisi riil.   Apabila dua aspek itu sudah dipenuhi, Kombo bisa mewakili Kabupaten Bima pada lomba tingkat Provinsi NTB mendatang.
Di antara sembilan indikator itu, katanya, adalah bidang pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan mulai dari SD sampai SMA harus lengkap dan didukung pendidikan nonformal.
Selanjutnya, bidang kesehatan. Setiap rumah harus memiliki jamban keluarga. Demikian juga bidang keamanan, harus didukung pos jaga yang dilengkapi fasilitas dan seterusnya. (BE.13)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Bima kembali mengukir prestasi pada berbagai  lomba yang diadakan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Perhelatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima dimulai tanggal 23 Maret hingga 13 April 2017. Diawali di Desa Mawu Kecamatan Ambalawi dan berakhir...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mematangkan persiapan kegiatan lomba kelurahan, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum (APU) Setda Kota Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) di aula Pemerintah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Unit Pelaksa Tehnis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kecamatan Belo, menggelar lomba cerdas cermat, siswa berprestasi, Olimpiade,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Perlombaan bidang olahraga, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam antarguru dan antarpelajar tingkat Sekolah Dasar/ sederajat dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis...