Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Dinas Dikpora terus Benahi Fasilitas dan Proses Pembelajaran

Kota Bima, Bimeks.-

Sarana dan prasarana ruangan kelas pada jajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bima telah memadai, meski diakui masih banyak ruangan yang perlu direhab. Selain masih ada sekolah yang membutuhkan alat laboratorium fisika, kimia, biologi, termasuk menyiapkan mebel.

Kepala Bidang (Kabid) Dikmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, Drs. Abdul Azis, M.Pd, mengatakan, sarana mebel yang ada saat ini sebagian besar merupakan stok lama, tetapi Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Dikpora secara perlahan-lahan mulai menggantikannya dengan stok baru dengan berbagai penambahan sesuai kemampuan keuangan. “Artinya, dukungan dari Pemkot Bima tetap memerhatikan kebutuhan riil pada sekolah yang bersangkutan,” ujarnya saat berkunjung ke SMPN 3 Kota Bima, Selasa (11/6).

Hal yang lebih urgen lagi, katanya, dalam pelaksanaan kurikulum terus ditingkatkan terutama pelaksanaan proses pembelajaran karena kualitas anak bergantung pada guru yang berdiri di depan kelas, selain dukungan masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, tugas dan fungsi (Tupoksi) Bidabg Dikmen adalah mengawasi pelaksanaan pendidikan di tingkat SMP, SMA, dan SMK.

Pengawasan itu, terang Azis, berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum, sarana, dan prasarana sesuai dengan delapan standar pendidikan di Indonesia. Bahkan, Tupoksi itu mengawasi dan mengelola pelaksanaan sertifikasi guru. Saat ini jumlah gedung SMP negeri dan swasta sebanyak 20 unit, SMA 14 unit, dan SMK sebanyak 10 unit. “Kita minta kepada Guru dan Kepala SMP, SMA, dan SMA semakin memerhatikan kualitas pembelajaran di sekolah, sehingga anak-anak diharapkan menjadi sumberdaya manusia andal yang dibutuhkan untuk kemajuan Kota Bima di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Katanya, potret generasi mendatang bergantung sungguh dari produk yang disiapkan oleh guru saat ini. Keberhasilan mereka meraih masa depan yang cerah adalah keberhasilan dunia pendidikan secara keseluruhan. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Lembaga Pemantau dan Pengawas Korupsi (LPPK) NTB bersama Garda Muda LPPK NTB, Senin (17/10/2016) menyuarakan aspirasi di depan Dinas Dikpora Kabupaten Bima....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-  Pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima belum menerima  laporan dari SMK 45 Kota Bima  berkaitan dengan kasus oknum...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Ada hal menarik saat kunjungan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Amin, pada kegiatan safari Ramadan di Masjid Al-Istiqomah Kelurahan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...