Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SDN 16 Kota Bima Tertinggi Peringkat UN

Kota Bima, Bimakini.com.-  Berada di tengah pemukiman warga dan jauh dari kesan sekolah mentereng, menyebabkan SDN 16 Kota Bima tidak banyak yang mengetahuinya. Namun, nama SDN 16 seketika mencuat ketika sekolah itu mengisi deretan pertama peringkat tertinggi Ujian Nasional (UN) tingkat SD/MI/SDLB se-Kota Bima. Jumlah nilainya 26,12.

Sekolah dengan peserta ujian satu kelas atau 20 orang tersebut, berhasil menyisihkan sekolah lain di Kota Bima. Bahkan, yang selama ini dikenal unggulan. Prestasi itu tentu tidak diraih dengan mudah dan begitu saja, tetapi dengan usaha serta kerja keras. Bagaimana tanggapan pihak sekolah mengenai hal itu?

Kepala SDN 16, Sri Hariningsih, S.Pd, yang ditemui Bimakini.com, Senin (10/6) pagi mengaku terkejut saat pertama mendengar hasil UN yang menempatkan sekolah  itu pada peringkat pertama. Setelah melalui rapat bersama Dinas Dikpora Kota Bima pada 7 Juni lalu, baru dipastikan bahwa informasi itu benar.

“Prestasi ini diluar dugaan kami, karena SDN 16 pada tahun lalu hanya menempati peringkat ke-17 jauh tersisih dibandingkan sekolah lainnya di Kota Bima,” ungkapnya.

Namun, katanya, sejak saat itu terbangun motivasi besar pihak sekolah bersama orangtua siswa, komite, dan masyarakat agar meraih hasil lebih baik pada tahun ini. Selama setahun berjalan motivasi tersebut diwujudkan dengan pembinaan siswa secara intensif dan berkelanjutan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Demi mendapat hasil maksimal, pihaknya tidak sering meminta masukan dari orangtua siswa dan masyarakat. Alhasil, tanpa menargetkan meraih peringkat pertama ternyata SDN yang berada di Kelurahan Nae itu tidak diduga menempati hasil UN tertinggi se-Kota Bima.

“Ini merupakan anugerah dari Allah buat kami dari kerja keras dan usaha yang dilakukan. Mudah-mudahan prestasi ini menjadi motivasi agar kami terus berusaha memertahankan, bahkan meningkatkannya lagi pada tahun depan,” ujarnya.

Selain meraih peringkat pertama hasil UN, satu siswanya bernama Izul Muttaqin juga berhasil masuk peringkat enam besar kategori jumlah nilai tertinggi yakni 27,85. Atas prestasi tersebut disampaikannya apresiasi kepada pihak sekolah terutama guru pembina, Siti Rahmah, S.Pd dan Hanafi, A.Ma.Pd serta orangtua siswa yang telah mendukung semua program sekolah. (BE.20)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...