Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Situasi Monta Bagian Dalam Butuh Perhatian Kolektif

Bima, Bimakini.com.- Situasi di wilayah Monta bagian Dalam saat ini masih tegang. Masyarakat dihantui rasa was-was, apalagi mereka yang menjadi korban. Kerugian harta-benda semakin bertambah, di antaranya perusakan dan pembakaran rumah. Situasi ini perlu mendapatkan perhatian cepat dari semua pihak agar situasi cepat pulih.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Bima, M. Nor Jafar, saat Sidang Paripurna mendengarkan penjelasan Bupati Bima tentang pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pertanggungjawaban pengelolaan APBD 2012, Kamis (27/6).

Nor mengatakan upaya islah antara masyarakat Tolouwi dan Waro belum berhasil. “Ini karena akar masalahnya belum dituntaskan, justru setelah islah kembali terjadi perusakan rumah warga lainnya. Untuk itu mari kita tunjukkan kepedulian melihat situasi ini,” ajaknya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

         Satu di antara tuntutan masyarakat adalah agar pelaku segera ditangkap. Jika itu tidak dilakukan, maka konflik dan situasi memanas akan terus terjadi. Selain itu, bagaimana memikirkan warga yang rumahnya menjadi sasaran amukan massa.

         Minggu (23/6) misalnya, terjadi perusakan  lima rumah, ada yang sedang, berat, dan ringan. Selasa (25/6) kembali terjadi pembakaran rumah di Tolouwi. “Bagaimana untuk korban ini dipikirkan ganti-ruginya,” ujarnya.

         Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST,  mengatakan tetap memantau konflik yang terjadi di Monta Dalam. Kejadian seperti ini terus berulang, karena masyarakat tidak mau menyerahkan pelakunya.

         “Kalau masyarakat mau masalah intinya selesai, maka  warga Waro harus menyerahkan pelakunya ke aparat, karena itu yang menjadi tuntutan,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

         Malah, kata bupati, ada kecenderungan masyarakat ikut menyembunyikan pelaku, sehingga konflik pun berlarut. Penyelesaian  kasus ini harus melalui penegakan hokum. “Mengenai ganti-rugi korban tidak ada masalah, namun bagaimana menyelesaikan akar masalahnya,” ujarnya. (BE.16)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Aparat  Polsek Monta Kabupaten Bima gencar memberantas peredaran minuman keras (Miras) di wilayah setempat. Melalui patroli malam yang dipimpin  Kapolsek Monta, IPDA...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Perilaku pemuda sekarang ini semakin liar asaja. Saat bulan Ramadan, masih ada sebagian dari pemuda yang  doyan mengonsumsi Narkoba jenis sabu....

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Warga RT 01 Dusun Pali Desa Donggobolo Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Selasa siang, mendadak heboh.  Ibu rumah- tangga desa setempat, Aisyah, diberi...

Politik

Dompu, Bimakini.com.- Fondasi dari conflict governance dalam konteks Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai adalah kesadaran demokrasi. Artinya mekanisme demokrasi akan berjalan efektif dan menjadi...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Kampanye terbatas dilakukan Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima, Abdul Khayir-Abdul Hamid, Sabtu (10/10/2015) lalu di Desa Sakuru dan...