Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Menara Bandara Dibuka, Kantor Karantina jadi Jaminan

Segel Menara saat Dibuka Wabup.

Bima, Bimakini.com.- Jumat (19/7) sekitar pukul 11.00 Wita, menara pemantau bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima di Kecamatan Palibelo akhirnya dibuka  Wakil Bupati Bima, H Syafruddin, M.Pd, bersama Muspida dan kerabat H. Mansyur, pemilih lahan setempat. Hal tersebut dilakukan setelah semua pihak merumuskan sejumlah kesepakatan.

Sebelum membuka segel, pihak pemerintah yang diwakili Wabup, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bima, Zunaidin, MM, Kapolres Bima, Dandim 1608 Bima, dan kerabat H Mansyur melaksanakan rapat tertutup di ruangan VIP bandara setempat.

Wabup H Syafruddin menjelaskan, sesuai kesepakatan pemerintah, Muspida dengan pihak H Mansyur, segel menara dibuka kembali dan segala  penyegelan yang berhubungan dengan aktivitas bandara setempat tidak akan dilakukan pemilik lahan, kecuali Kantor Karantina bandara. “Kalau pun di segel lagi, sesuai kesepakatan tidak ada lagi penyegelan, hanya (Kantor) Karantina tetap mereka kuasai sambil menunggu pembayaran,” jelas Wabup.

Dipastikannya, Senin pekan depan bersama Kapolres, Dandim dan perwakilan pihak H. Mansyur akan berangkat menemui Menteri Perhubungan di Jakarta. “Saya, atas nama pemerintah daerah akan menemui bapak Mentri Perhubungan,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Mengenai sistem pembayaran dan peluang gagalnya kesepakatan, Wabup mengisyaratkan pemerintah daerah akan menunggu hasil konsultasi dengan pihak Kementrian Perhubungan. “Sistem pembayaran masih menunggu komunasi kami. Tadi sudah dijelaskan bandara ini alat transportasi dan merupakan fasilitas umum dan H mansyur pun sudah mengamini bandara akan dibuka kembali,” katanya.

Pantauan Bimakini.com pembukaan segel menara bandara disaksikan puluhan keraba H. Mansyur, aparat Kepolisian, TNI dan Dishubkominfo Kabupaten Bima. Setelah segel dibuka, pembukaan aktivitas bandara ditandai penekanan tombol sirene di menara.

Meskipun segel menara bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima disepakati dibuka secara bersama Jumat kemarin. Namun Kantor Karantina di lokasi setempat akan disegel atau menjadi jaminan bagi keluarga H. Mansyur, pemilik lahan sekitar menara.

Yusuf, perwakilan kerabat H Mansyur, mengingatkan pemerintah agar menepati kesepakatan yang dirumuskan bersama sebelum segel menara bandara dibuka. “Sikap lunak pihak keluarga karena menghargai ada   komunikasi atau keterlibatan pemerintah daerah,” katanya saat pembukaan segel.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dikatakannya, sesuai kesepakatan, Kantor Karantina Bandara akan “diduduki” pihak H Mansyur hingga seluruh kesepakatan yang dirumuskan direalisasikan. “Hanya (Kantor) Karantina  saja tidak termasuk stasiun bahan bakar, itu kespakatan keluarga supaya tidak menghalangi kegiatan operasional bandara,” katanya.

Namun akan berbeda jika pemerintah dan pihak terkait tidak menepati kesepakatan. “Tadi kan disepakati Pemkab Bima bersama Gubernur akan berangkat menemui Menteri Perhubungan. Kalau nanti di sana tidak jelas hasil soal pembayaran. Ya, kami akan segel lagi, karena operasional bandara itu, bukan sehari, bukan seminggu atau satu bulan. Itu yang harus dipikirkan pemerintah,” katanya.

Diisyaratkannya, mengenai sistem pembayaran, pihak keluarga masih menunggu hasil kesepakatan di Jakarta nanti. (BE.17)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebagian kecil areal Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima masih merupakan tanah salahsatu warga   yang pembayarannya belum diselesaikan hingga kini. Namun, pihak Bandara...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kantor Imigrasi Kota Bima awal November 2016 mendatang akan mulai beroperasi. Hal itu ditandai  kedatangan alat pencetakan paspor pada pertengan Oktober...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Warna-warni tembe nggoli (sarung khas Bima) menghiasi momentum pengenalan perdana (launching) rangkaian peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Bima, di halaman kantor...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Pemilihan I Kecamatan Asakota Kota Bima, Jaidin H Ishaka, segera dilantik menjadi anggota DPRD...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Calon Wakil Bupati Bima dari calon perseorangan, Abdul Hamid,  blusukan di Kecamatan Woha, Rabu (7/10/2015). Hamid bercengkarama  dengan warga yang dikunjugi...