Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BKPRMI Kabupaten Bima Gelar Haflah Al-Quran

Bima, Bimeks.-

Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid (DPD BKPRMI) Kabupaten Bima terus menggalakkan acara Haflah Al-Quran. Terakhir, organisasi itu  menggelar haflah di di lapangan Sakuru Kecamatan Monta, Jumat (20/9) lalu. Kegiatan itu akan menjadi agenda khusus.

Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Bima, Dr. Rusli Karim, M.Si, mengatakan, haflah mengundang seluruh komponen masyarakat dan diapresiasi, terbukti respons masyarakat termasuk anak-anak dan remaja. Meski panitia hanya menyebarkan 350 undangan, namun yang menghadiri acara lebih dari itu.

Kegiatan itu, katanya, menampilkan 10 gari dan qariah terbaik Provinsi NTB yang pernah mengikuti MTQ tingkat Nasional, seperti H.M. Sidik H. Idris, SH, M.HI, Khairunisa, Drs. Siti Marjan, Rahmawati dan lainnya.

Saat itu, Rusli mengaku menjelaskan visi dan misi organisasi, program kerja dan hubungan kemitraan dengan Pemerintah Daerah.  “Pada prinsipnya BKPRMI sebagai mitra pemerintah siap menyukseskan program Pemerintah Daerah khususnya bidang keagamaan dan social-kemasyarakatan,” ujarnya di Kelurahan Monggonao, Selasa (24/9).

Haflah Al-Quran itu, kata dia, terselenggara atas dukungan Pemkab Bima yang juga ditujukan untuk mendorong program Pembumian Al-Quran, memakmurkan masjid, disamping pada saat yang sama dihajatkan untuk memotivasi generasi muda Islam agar lebih mencintai Al-Quran.

“Tentu kita berharap dukungan Pemkab Bima seperti ini terus berlanjut agar Kiprah BKPRMI lebih menggaung lagi di tengah masyarakat. Kita juga bersyukur atas dukungan karang taruna, remaja masjid dan Majelis Taklim Al-Hidayah Desa Sakuru,” katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Sosial Kantor Kecamatan Monta, Abbas, SE, mengatakan, kegiatan bernuansa Islam itu diharapkan dapat lebih menguatkan nilai luhur yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran. Selain itu, melestarikan tradisi lama yang diwariskan para pendahulu sejak zaman Kesultanan Bima. Sendi-sendi ajaran Islam ini perlu diperkuat agar dapat menghadapi pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan karakter Muslim dan cenderung menyimpang.

Abbas salut terhadap kegiatan BKPRMI Kabupaten Bima dan warga menyambut antusias.  Kegiatan itu diharapkan berkelanjutan untuk menumbuhkembangkan semangat membaca Al-Quran dan menyukseskan program Pemerintah Daerah.

Sebelumnya, BKPRMI Kabupaten Bima terus melakukan konsolidasi organisasi dan merealisasikan program kerja. DPD BKPRMI Kabupaten Bima Sabtu (7/9) melantikan 50 pengurus Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) BKPRMI Kecamatan Lambitu yang dinakhodai Aris Munandar A.Md.

Selain DPK Kecamatan Lambitu dilantik 52 Pengurus BKPRMI Kecamatan Soromandi Sabtu (14/9) di Masjid Desa Punti, yang dipimpin Muhidin, S.Pd.

 Masih terkait realisasi program, BKPRMI atas dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan PKM Pai Kecamatan Wera juga melaksanakan khitanan massal gratis 33 anak di Ponpes Alhul Nazar Doromila Pai, pimpinan Suryadin. S.Sos. (BE.13)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...