Olahraga & Kesehatan

Dikes tidak Butuh Tambahan Anggaran GB-BK

Bima, Bimeks.-

Sejumlah pihak sebelumnya berupaya mendorong agar ada tambahan untuk penanganan Gizi Buruk (GB) dan Gizi Kurang (GK). Termasuk juga  anggota DPRD Kabupaten Bima. Mereka berharap ada  intervensi terhadap nasib 5.896 anak lebih banyak lagi.

Namun, dapat rapat klinis Dinas Kesehatan (Dikes) dengan Komisi IV menganggap tidak perlu ada lagi penambahan anggaran.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bima, Abdul Nasir, S.Sos, membenarkan jika dalam rapat klinis Dikes menyatakan anggaran saat ini sudah cukup. Namun, yang perlu dilakukan adalah mengubah pola pikir masyarakat dalam pola asuh anak.

“Kami sudah kofirmasi soal perlu ada penambahan lagi alokasi anggaran, mereka mengatakan sudah cukup dengan anggaran itu,” katanya di DPRD Kabupaten Bima, Rabu (25/99).

Katanya, saat itu pejabat Dikes menjelaskan tidak semua penanganan masalah GB dan GK diselesaikan melalui anggaran. Untuk itu peran penyuluh lapangan sangat dibutuhkan dalam mengarahkan masyarakat, terutama asupan gizi anak. “Sehingga antara pencegahan dan penyuluhan berjalan seimbang,” katanya.

Diakuinya masalah ini cukup mencengangkan, apalagi terdapat data 5.896 anak Balita kurus. Peran PKK juga sangat diperlukan dalam membantu pengentasan dan penanganan masalah ini. “Dengan adanya kesadaran semua pihak, maka diharapkan tumbuh generasi yang baik dan tumbuh sehat,”  ujarnya.

Mengotimalkan penanganan GB dan GK, kata dia, bisa melibatkan RT/RW, tertama dalam pengecekan anak-anak usia balita ke Posyandu. Sistem jemput dapat dilakukan, karena kerapkali orangtua sibuk dengan urusan lain.

Penanganan GB dan GK, menurut Dra. Hj. Mulyati, MM, dibutuhkan juga reformasi ekonomi, agar masyarakat sejahtera. Meningkatkan pendapatan masyarakat, apalagi 80 persen adalah petani. “Bagaimana meningkatkan pendapatan ketahanan pangan, termasuk menanam tanaman yang bervariasi,” katanya.

Atas dasar keprihatinan dengan kondisi 5.896 Balita itulah, kata Mulyati, sehingga dalam pandangan fraksi sebelumnya mengungkapkan hal tersebut. Bagaimana ada intervensi lebih besar, dengan menambah alokasi anggaran di Dikes Kabupaten Bima agar anak-anak GB dan GK semakin banyak yang terselamatkan. (BE.16)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top