Pemerintahan

Dishubkominfo Rutin Pantau Aktivitas Kampung Media

Kota Bima, Bimeks.-

            Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bima berkomitmen mendorong kapasitas pengelola Kampung Media. Secara periodik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat rutin memantau aktivitas online maupun offline komunitasitu.

     Kepala Seksi Desiminasi dan Hubungan Kemitraan Media Dishubkominfo Kabupaten Bima, Muhaymin, SH, mengatakan, dari hasil pantauan SKPD setempat, dari 10 Kampung Media yang sudah terbentuk, hanya delapan komunitas yang rutin melaksanakan aktivitas atau program secara berkelanjutan, sedangkan tiga kampung media diidentifikasi vakum. “Kami rutin memantau setiap kegiatan atau eksistensi yang dilakukan Kampung Media setiap kecamatan. Bagaimana aktivitas meng-upload berita maupun kegiatan-kegiatan lainnya,” ungkapnya di Dishubkominfo, Rabu (25/9).

     Menurut Muhaymin keberadaan Kampung Media sebagai komunitas penyedia informasi di setiap wilayah sudah cukup tersohor dalam masyarakat. Untuk mendorong pemanfaatan atau akses informasi melalui blog atau situs komunitas, Dishubkominfo rutin menyosialisasikan kepada masyarakat. Selain itu, sejak awal tahun 2013 lalu link situs setiap kampung media diakomodir dalam situs resmi Pemerintah Kabupaten Bima, www.bimakab.go.id.

“Kita juga rutin menyosialisasikan kepada masyarakat. Masyarakat juga paham terutama yang bisa mengakses internet. Sekarang kecendrungan masyarakat melek IT dan informasi, sehingga informasi yang disuguhkan Kampung Media memang dibutuhkan,” katanya.

      Diisyaratkannya, selain mendorong peran dan eksistensi Kampung Media, bulan depan Dishubkominfo Kabupaten Bima akan menggelar pelatihan untuk mendorong kapasitas pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada tujuh kecamatan. “KIM juga connect-nya ke Kampung Media, karena ada juga anggota Kampung Media yang masuk KIM yang arahnya sama. Informasi yang dihimpun KIM dipublikasikan melalui Kampung Media,” jelasnya.

     Dikatakannya, sesuai hasil kesepakatan dengan legislatif anggaran operasional Kampung Media dalam APBD Perubahan Kabupaten Bima ditambah Rp20 juta sehingga total keseluruhan Rp40 juta. Selain meningkatkan kapasitas Kampung Media dan KIM, saat ini Dishubkominfo juga berupaya mendorong pelayanan kebutuhan informasi publik melalui PPID.  “Saat ini kita juga sedang menyiapkan teman-teman mengikuti jambore Kampung Media di Mataram,” ungkapnya.

Saat ini, Dishubkominfo sedang tahap perampungan website PPID. “Bisa dihubungkandengan Kampung Media, informasi yang berkaitan dengan pemerintah maupun masyarakat bisa diakomodir. Kecuali yang data dikecualikan, masyarakat cukup mengisi formulir ynag disediakan. Kalau sudah dimuat di website tinggal di-download, kalau secara manual bisa langsung dengan meminta ke PPID tetap harus mengisi formulir,” pungkasnya. (BE.17)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top