Politik

28 Peserta Seleksi KPU Ikuti Ujian Tulis

Kota Bima, Bimakini.com.- Sebanyak 28 peserta tes seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima mengikuti tes seleksi di Hotel Mutmainnah, Jumat (4/10). Mereka yang mengikuti tes itu sebelumnya sudah lulus seleksi administrasi.

Ketua Tim Seleksi KPU Kota Bima, Sukirman Azis, SH, MH, mengatakan setelah mengikuti tes tulis, peserta akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni kesehatan. Tes kesehatan ini bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Bima dan selanjutnya peserta mengikuti psikotes. “Penilaian untuk tes ini bersifat akumulatif dari seluruh rangkaian tes,” katanya.

Soal tes tulis yang dikerjakan peserta, kata Sukirman dibuat oleh pusat dan baru diterima Jumat pagi. Jumat soal yang dikerjakan sebanyak 75 nomor seputar ke-Pemilu-an. Penetapan nama-nama  lima anggota KPU bukan oleh tim seleksi, namun merekomendasikan 10 nama ke KPU Provinsi NTB.

Anggota KPU Provinsi NTB, H. Ilyas Sarbini, SH, MH, mengatakan proses seleksi KPU  tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Setiap tahapan seleksi menggunakan sistim gugur. “Dulu kalau tidak lulus tes tulis, dinyatakan gugur dan tidak ikut tahap selenjutnya, sekarang diakumulasikan nilainya dari semua tes,” ungkapnya.

Ditambahkan Ilyas, peserta nanti  akan memertanggungjawabkan makalah yang dibuat sebelumnya. Tes wawancara yang dilakani akan menguji kemampuan seputar masalah ke-Pemilu-an. “Kalau saya lihat peserta yang ikut ini, rata-rata memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu,” ungkapnya.

Semua peserta, kata dia, memiliki peluang sama untuk lolos, meski ada tiga Komisioner KPU yang ikut kembali. Dari 10 nama yang  diterima KPU NTB dati tim seleksi, akan dipilih lima dan lima lainnya sebagai calon pengganti.

“Sepuluh nama yang diserahkan nanti bukan berdasarkan urutan nilai, namun abjad nama,” jelasnya.

Seleksi KPU Kota/kabupaten se NTB, kata Ilyas dilakukan serentak,  Jumat. Lombok Tengah peserta tesnya trebanyak, yakni 75 orang sedangkan Mataram 54 peserta. (pian)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top