Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BKPRMI Kemah Bakti di Kalodu

Bima, Bimakini.com.-Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid (DPD BKPRMI) Kabupaten Bima menggelar Kemah Bakti di Masjid Kamina Desa Kalodu Kecamatan Langgudu. Lokasi itu dikenal sebagai masjid pertama dan bersejarah di Bima.

Kemah yang digelar, Sabtu-Minggu malam (19/10) itu dihadiri lebih dari 100 utusan BKPRMI tingkat kecamatan. Masing-masing kecamatan mengirim 10 peserta. Peserta juga berasal dari Kwartir Ranting Pramuka Langgudu, Brigade BKPRMI, Pemuda dan masyarakat Kalodu.

Camat Langgudu, Baharuddin, S.Sos, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan silaturahmi diantara para generasi muda Islam. Selain itu, melihat dari dekat masjid tertua yang telah dibangun kembali oleh Pemkab Bima dan bentuk penghargaan atas upaya membangun masjid tersebut.

Kegiatan  itu mendapat dukungan dana hibah Pemkab Bima dan diisi sejumlah agenda. Antara lain pembinaan kesatuan pengurus, ceramah peningkatan keimanan. Minggu (19/10) pagi, peserta berbaur dengan masyarakat setempat dalam  bakti sosial.

Untuk mendukung program pengelolaan lingkungan, penanaman pohon pelindung dilakukan halaman masjid Kamina dan pembangunan satu unit fasilitas Mandi, Cuci, Kakus.

Selain kegiatan fisik, katanya, peserta juga dibekali ceramah keagamaan dengan topik peran pemuda dalam pembangunan yang disampaikan Kepala UPT Dinas Dikpora Langgudu, Drs. Hamdiah.

Kegiatan Kemah Bakti ditutup Minggu (20/10) pukul 12.00 WITA oleh Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Bima, Dr. Rusli Karim, M.Si.

Menurut Rusli , kemah ini diharapkan dapat menguatkan tali silaturahmi, persatuan dan meningkatkan pengalaman serta keakbaran dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai pengurus meski dalam kondisi yang sulit.

Rusli menambahkan, kegiatan ini telah membawa peserta untuk melihat langsung masjid bersejarah, sehingga kunjungan yang relatif singkat ini dapat mendorong semangat dakwah umat mulai dari diri, menghargai upaya Pemerintah Daerah yang berkomitmen mewujudkan masyarakat Bima yang religius dengan melakukan penataan masjid bersejarah di Kalodu.

“Saya salut dengan semangat yang ditampilkan remaja dan pemuda, sehingga dapat menempuh perjalanan jauh untuk berkemah di Kalodu,” katanya. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerataan sinyal telekomunikasi di seluruh Indonesia hingga ke pelosok kian digencarkan. Target Indonesia merdeka sinyal di 2020 terus dikejar Badan Aksesibilitas Telekomunikasi...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Selain bertugas mengatur lalulintas, Sat Lantas Polres Bima juga peduli  terhadap  kegiatan lainnya. Seperti saat ini,  dalam kegiatan Polisi Peduli Pelajar. Mereka...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Peristiwa

Bimakini.com.- Terminal menjadi titik pertemuan masyarakat pengguna layanan transportasi. Tidak hanya masyarakat lokal juga para pendatang yang menggunakan layanan terminal. Karena itu, terminal harus...

Peristiwa

Kota Bima, Bimkini.com.- Sekitar 50 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti pelatihan koramil model.  Sebelumnya mereka mengikuti materi ruangan atau teori, kemarin mereka mendapat...