Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

PPS Harapan Terbesar Masyarakat Pulau Sumbawa

Bima, Bimakini.com.- Tanggal 2 – 3 November 2013, DPR RI rencananya akan menggelar sidang paripurna, agendanya tentang pentepan Daerah Otonomi Baru (DOB), salah satunya adalah Provinsi Pulau Sumbawa (PPS). Jika PPS terbentuk, maka dinilai sebagai harapan terbesar masyarakat pulau Sumbawa selama ini.

Anggota DPRD Kabupaten Bima, Abdul Natsir, SSos mengatakan semua menyambut positif dengan akan seghera terbentuknya PPS, karena menjadi pecapaian luar biasa masyarakat.  Diharapkan saat paripurna DPR RI membahas masalah DOB, PPS termasuk yang disetujui.

“Sebagai masyarakat Bima dan sebagai anggota dewan, saya menyambut baik PPS ini, karena menjadi pencapaian terbesar secara politik bagi masyarakat pulau Sumbawa,” katanya, Jumat (18/10).

Jika PPS ditetapkan sebagai DOB dan dituangkan dalam Undang-undang, maka ada beberapa keuntungan yang diperoleh masyarakar, baik secara ekonomis dan politis. PPS tentu akan memiliki alokasi anggaran baru sebagai daerah pemekaran. Sector pembangunan yang selama ini termarginalkan oleh angaran provinsi, maka dapat dioptimalkan melalui APBD PPS. “Tentu akan berdampak pada percepatan pembangunan PPS,” ujarnya.

Tidak bisa dipungkiri juga, kata dia, dengan terbentuknya PPS maka akan menyerap tenaga kerja dalam pemenuhan pegawai di Pemerintah PPS. Demikian juga disektor swasta akan tumbuh, sehingga penyerapan tenaga kerja cukup besar.

“Daya serap dan daya saing pembangunan tentu akan berjalan seiring dengan tingkat kemajuan yang dicapai ekonomi rakyat, sebagai bagian dari efek domino,” ujarnya.

Secara politik, kata Natsir, efektifitas dan efisiensi koordinasi birokrasi antar daerah karena jaraknya lebih dekat. Potensi yang ada di PPS, baik sector kelautan, perikanan, pariwisata, perhubungan, pendidikan, pertanian, perkebunan, serta  sertor lainnya akan tumbuh. “Sektor kesehatan juga bisa melakukan pelayanan lebih maksimal terhadap penyakit masyarakat yang selama ini selalu dirujuk ke Mataram,” ujarnya.

Disamping itu, kata dia, sector perdagangan dan jasa dinilai cukup strategis karena menjadi penyangga antara NTT, NTB dan Bali. Maka PPS menjadi kawasan segitiga emas dan banyak dampak positif lainnya dengan terbentuknya PPS. (pian)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Sebanyak 573 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bima dikukuhkan, Selasa 24 Januari 2023, di GOR Panda. Nantinya PPS juga akan...

Politik

Bima,  Bimakini.- Pasca Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Bima  mengumumkan hasil seleksi Calon Anggota Panitia Pemungutan suara (PPS) se-kabupaten Bima  Nomor 174/PP.04.1-Pu/5206/4/2023 tentang Penetapan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak 123 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Bima, Selasa 24 Januari 2024, di aula Hotel Mutmainah. PPS diharapkan menjalankan...

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

Politik

Bima, Bimakini.- Setelah mengaktifkan kembali PPK di 19 Kecamatan dan PPS di 191 des, KPU Kabupaten Bima, akan membentuk secretariat. Pembentukan sekretariat  PPS ini...