Peristiwa

Warga Dena Bangun Jembatan Swadaya

Bima, Bimakini.com.- Warga Desa Dena Kecamatan Madapangga akhirnya memilih mengerjakan jembatan tani secara swadaya. Sebelumnya sejumlah mahasiswa dan pemuda setempat menggelar aksi, hingga pemalangan kantor Desa dan Kecamatan. Lelah menunggu realisasi, akhirnya warga berinisiatif membangun jembatan secara gotong-royong.

Warga sebelumnya berharap, agar dalam APBD dialokasikan anggaran untuk pembangunan jembatan tani itu. Namun, harapan itu tidak pernah terwujud. Meski ada bantuan beberapa bahan material dari pemerintah, juga sumbangan sejumlah tokoh masyarakat dan politik.

   Ketua panitia pembangunan jembatan tani Desa Dena, Irwan, ST, mengapresiasi sikap masyarakat yang mau membangun jembatan secara swadaya. Demikian juga sejumlah tokoh masyarakat dan politik sebagai donator. “Kami juga sampaikan terimakasih kepada pemda yang memberi sejumlah bantuan material,” ujarnya.

   Bantuan yang diberikan Pemkab Bima, kata Irwan, berupa semen dan besi. Namun, jumlah itu tidak mencukupi, sehingga bantuan dari donator dan masyarakat sangat berarti.

   Pemuda setempat, Amir Riskan, mengatakan jika dianggarkan APBD, maka dana untuk pembangunan jembatan sangat besar. Meski sering diusulkan oleh masyarakat sebagai akses petani, namun tidak ada kepastian.

   “Sehingga kami kelompok pemuda dan mahasiswa sempat menyegel kantor desa dan camat sebagai tuntutan atas pembangunan jembatan tani itu,” ujarnya.

   Malah, Amir mengatakan, mestinya pemerintah malu ketika masyarakat akhirnya memilih mengerjakan sendiri. Padahal, banyak proyek-proyek yang direncanakan tidak memberi manfaat berarti. Seperti pembangunan cikal-bakal kampus negeri senilai Rp2,5 miliar yang tidak dimanfaatkan sampai sekarang. Demikian juga proyek lainnya, Water Boom di Kalaki dan sejumlah proyek bermasalah lainnya.

   “Pemerntah mestinya dapat memilah dan memilih apa yang dibutuhkan masyarakat dan apa yang paling mendesak,” ungkapnya. (BE.16)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top