Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

BBRGM Tahun 2013 Kota Bima Dicanangkan

Kota Bima, Bimakini.com.-Pencanangan Bulan Bakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kota Bima dilakukan Jumat (08/11)di halaman Pemerintah  Kota Bima. Kegiatan itu dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-41 PKK Tingkat Kota Bima Tahun 2013.

Upacara dipimpin oleh Wakil WaliKota Bima H. A Rahman,SE. Hadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah FKPD), anggota DPRD Kota Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima, para Assisten, Staf Ahli,dan Kepala SKPD.

Pencanangan itu ditandai pemukulan gong dan penyerahan secara simbolis peralatangotong-royong kepada limaCamat.

Saat itu, Rahman menyampaikan bahwa adat-istiadat, tradisi, dan budaya gotong-royong di tengah  masyarakat harus  dikembangkan  dan dilestarikan. Budaya gotong-royong sejak zaman nenek-moyang diyakini masyarakat sebagai perekat persaudaraan dan kebersamaan dalam menangani dan mengatasi berbagai  persoalan yang dihadapi, seperti bidang sosial, ekonomi, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

“Pelaksanaan BBGRM merupakan upaya untuk lebih menggelorakan semangat gotong- royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” ujarnya.

Katanya, sejak Sembilan tahun terakhir BBGRM  dijadikan sebagai Gerakan Nasional  untuk menguatkan integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat pada setiap komunitas lokal agar tercipta keharmonisan kehidupan bersama yang akan bermuara pada penguatan persatuan bangsa dan kekukuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Semoga pencanangan BBGRM ini, budaya hidup bersih juga dapat terwujud dan makin meningkat, sehingga bisa membawa kita meraih Piala Adipura seperti  kita impikan,” harapnya.

Mengenai  Kesatuan Gerak TP PKK,perannya  begitubesar dalam menggugah, mendorong, dan membentuk karakter kaum perempuan  agar semakin inovatif dan kreatif. Dia memujipembinaan PKK yang  semakin mampu memosisikan diri sebagai salahsatu motor penggerak dalam penyelenggaraan pembangunan partisipatif masyarakat dengan 10 programnya.

Pada akhir upacara,diumumkan prestasi PKK Kota Bima dalam peringatan Hari Pangan se-Dunia Tingkat Provinsi NTB,  yaitu meraih juara pertama kategori Penganekaragaman Pangan dan juara kedua Lomba Cipta Menu. Selain itu, penyerahan bantuan dan piagam.  Diantaranya bantuan stimulan rehabilitasi rumah tidak layak huni dari APBD NTB sebanyak 20 kelompok dengan jumlah sasaran 250 unit dan nilainyasebesar Rp1,25 miliar. Masing-masing mendapat Rp5 juta   yang tersebar pada 10 kelurahan di Kecamatan Mpunda.

Bantuan peralatan pelatihan kewirausahaan dan usaha ekonomi keluarga berupa 30 unit konpresor dan 30 unit mesin jahit. Penyerahan piagam pemenang lomba dalam rangka HKG ke-41 PKK Kota Bima diantaranyaLomba Tertib Administrasi tingkat kecamatan, diraih   Kecamatan Rabadisusul Rasanae Barat dan Mpunda.

Lomba Tertib Administrasi Tingkat Kelurahandiraih Melayu, disusul Sadia dan Dodu.Lomba Simulasi KDRTyang diraih Rasanae Barat, disusul Raba dan Mpunda.Lomba UP2K PKKyang diraih Kendodisusul Nae dan Lewirato.Lomba LBSdiraih Monggonao, disusul Kumbe dan Dara.Lomba PHBSdiraih Lewirato, disusul Paruga dan Rabadompu Barat.Lomba Hati-nya PKKdiraihKodo, disusul Monggonao dan Penaraga.

Pemberian bantuan dari Dinas Kehutanan dan Kerkebunan Kota Bima, berupa kegiatan Kebun Bibit Rakyat(KBR) pada 12 Kelurahan yang tersebar pada lima kecamatan dengan Rp25 juta/per kelompok. Masing-masing 25.000 bibit tanaman kehutanan dengan jenis jati, mahoni, srikaya, nangka,dan jambu mete.

Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Perhutanan Masyarakat Pedesaan Berbasis Konservasi (BLM-PPMPBK) pada 4 kelompok berupa tanaman kehutanan dan pertanian serta pengadaan ternak seperti kambing dan lain-lain.Program Pengembangan Sarana dan Prasarana Perkebunan Kegiatan Konservasi Air dan Antisipasi Anomali Iklim Mendukung Perkebunan berupa 2 unit Pembangunan Embunga  dengan anggaran Rp60 juta per unit.(BE.12)

 

 

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...