Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Bimtek Pembinaan Pasca-EHB SMA Dihelat

Kota Bima, Bimakini.com.-Bimbingan teknis (Bimtek) Pembinaan pasca-evaluasi hasil belajar (EHB) Sekolah Menengah Atas digelar di SMAN 3 Kota Bima, mulai 31 Oktober hingga 2 November. Bimtek yang diikuti peserta dari SMAN 3 Kota Bima dan SMA Sinar Jaya Kota Bima itu, dibina oleh Tim Bimbingan Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pembinaan Sekolah Menengah Atasi dari Jakarta, Erik Kristian dan Salihin.

     Kepala SMAN 3 Kota Bima, Drs. H. Abdul Gafar, mengatakan, Bimtek   EHB penting karena penilaian merupakan bagian pending dari kurikulum yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan sesuai standar yang ditetapkan. Apalagi, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru menyatakan bahwa salah satu kompeteni pedagogik yang harus dimiliki guru pelajaran adalah memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

Bukan hanya itu, katanya, dalam Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan dijelaskan bahwa Ujian Nasional (UN) merupakan kegiatan pengukuran kompetensi tertentu yang dicapai peserta didik dalam menilai standar nasional pendidikan yang dilaksanakan secara nasional.

“Jadi hasil yang diharapkan dari kegiatan pembinaan SMA pasca-EHB ini adalah meningkatnya pemahaman peserta mengenai subtansi standar kompetensi lulusan dan keterampilan dalam menganalisis SKL,” ujarnya di sekolah setempat, Senin (4/11).

Katanya, Bimtek itu sangat membantu guru dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam membedah soal, mengembangkan indikator kompetensi dan indikator soal. Selain itu, guru mampu mengembangkan butir-butir soal dan menelaah sekaligus menganalisis butir soal secara kualitatif.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Peserta juga dibimbing mengenai tindaklanjut hasil analisis SKL dalam pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan dan penilaian,” katanya.

Hal senada dikemukakan Guru Biologi SMAN 3 Kota Bima, Drs. Muhammad H. Yasin dan Guru Ekonomi SMA Sinar Jaya, Dewi Asriana Ningsih, S.Pd.

Mereka menilai penyajian materi yang diberikan tim dari Kementerian Pindidikan Nasional sangat bermanfaat, terutama memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pembinaan pasca EHB. Apalagi, pembimbing memiliki sikap santun, percaya diri, disiplin dan mampu menggalar guru untuk melakukan kerjasama tim dengan penuh tanggungjawab dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

“Melalui pembinaan seperti itu kita selain memiliki penambahan wawasan keilmuan mengenai EHB, juga mampu menganalisis butir-butir soal sekaligus mengevaluasinya,” kata Muhammad Yasin yang diamini rekannya yang lain.

Pembinaan pasca-EHB itu, terangnya, sangat praktis karena dibimbing dengan metode yang bervariatif, sehingga tidak membosankan. Maka tidak heran suasana dialogis tercipta dengan baik untuk saling mengisi. Meski drasi kegiatan hanya 30 jam, tetapi cukup terpuaskan dahaga guru mengenai pasca-EHB itu. (BE.13)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sikap penolakan sejumlah kepala sekolah  terhadap mutasi dan rotasi  yang dilakukan Pemkab Bima beberapa hari lalu, ditanggapi dingin oleh Pemkab karena hal...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Hasil otopsi jenazah Lilis Suryani saat ini telah diketahui oleh Kasat Reskrim Polres Bima Kabupaten, AKP. Ilyas Erikson, SH, SIK. Namun, hasil...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Pascaperekrutan Kelompok Penyelenggara Pemunggutan Suara (KPPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Kebersamaan guru SMA Kae Kecamatan Woha mendidik siswa sesuai bakat dan minat  pada berbagai bidang keterampilan, tidaklah sia-sia. Berbagai piala dan trofi...