Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kreativitas Pemuda mesti Terus Dipacu

Bima, Bimakini.com.-Sumpah pemuda diperingati serentak pada sejumlah daerah di seluruh Indonesia, Senin (28/10) lalu. Namun, apa saja refleksi atau harapan pemuda berkaitan dengan momentum kegiatan nasional tersebut?

      Divisi Perencanaan dan Program Forum Komunikasi, Pemuda, Pesisir (FKPP), Jufrin, S.Pd, berharap, Sumpah Pemuda menjadi momentum bagi pemerintah agar terus mengasah dan mendorong kreativitas dan inovasi pemuda. Terlepas dari fenomena sosial atau beberapa kasus yang melibatkan kaum muda, pemerintah tidak boleh memandang persoalan satu sisi.

“Tidak boleh digeneralisasi, saya kira pemerintah yang paling bertanggungjawab terhadap jatidiri pemuda sekarang. Teman-teman muda sebenarnya punya banyak ide kreativitas dan segudang inovasi, hanya saja belum terarah. Sehingga perlu perhatian pemerintah untuk terus merangsang arah positif. Bentuknya bisa mecam-macam, simulasi yang diperlukan,” katanya di Sarae, kemarin.

      Alumnus Pendidikan Ekonomi STKIP Bima ini optimis jika saja pemerintah daerah memerhatikan dan melibatkan pemuda pada banyak lini, maka pembangunan daerah akan lebih signifikan. “Proklamator saja pernah menyatakan bahwa pentingnya peran pemuda. Saya yakin kaum muda rata-rata merupakan kelompok intelek memiliki kualitas SDM lebih baik, pikiran yang cemerlang. Hanya saja ada kencendrungan selama ini tidak banyak dilibatkan mungkin karena dianggap kurang ‘jam terbang’ atau pengalaman,” katanya.

     Menurutnya, semangat kaum muda bisa menjadi virus kebaikan dalam banyak sektor. “Coba saja pemerintah gagas program yang banyak melibatkan unsur-unsur atau pemikir-pemikir muda. Semakin banyak pemuda terlibat pada kegiatan positif, maka kriminalitas, konflik sosial semakin berkurang. Karena saya yakin pelakon utama persoalan sosial selama ini melibatkan kaum muda,” katanya.

     Hal yang sama dikatakan pemuda lainnya, Fitri Amanda. “Sekarang pertanyaannya mau tidak pemerintah atau lembaga melibatkan pemuda dalam banyak aspek? Kita pernah bahas dalam forum bersama teman-teman, bagaimana solusinya terhadap masalah pemuda,” katanya. (BE.17)

 

 

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.com.- Pemuda diharapkan meningkatkan wawasan kebangsaan, juga sebagai elemen menjaga harmoni kehidupan bangsa. Saat ini, banyak yang bisa memengaruhi cara berfikir dan bertindak...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Aksi penganiayaan kembali terjadi di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Kali ini dialami Fauzi (18), warga Desa Dore Kecamatan Palibelo. Remaja itu diduga...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Perilaku pemuda sekarang ini semakin liar asaja. Saat bulan Ramadan, masih ada sebagian dari pemuda yang  doyan mengonsumsi Narkoba jenis sabu....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba Bima, mulai Selasa (15/9/2015) memeriksa delapan orang personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Bima....