Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemkot Bima Glontorkan Dana APBD Rp650 Juta untuk 130 Unit RTLH

Kota Bima, Bimakini.com.-Untuk Tahun 2013  Pemkot Bima menggelontorkan dana Rp650juta untuk 130 Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Hal itu diungkapkan saat sosialisasi RTLH oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota (BPMPK) di eks aula Pemerintaha Kota Bima, Sabtu (14/12).

Kepala BPMPK Kota Bima, Drs. M. Farid,M.Si  mengatakan pengalokasian program ini terseberbar di empat kecamatan Kota Bima. Diantaranya Kecamatan Rasanae Timur, Raba, Asakota dan Rasanae Barat. Sedangkan kecamatan Mpunda telah dialokasi dengan dana bantuan Provinsi tahun 2013. Bantuan ini akan terealisasi dalam minggu ini. “Kami akan segera mengajukan ke DPPKAD Kota Bima,”terangnya.

Kata Farid untuk bantuan di Kecamatan Mpunda sudah berjalan , bahkan sekarang sudah ditandatangani rekomendasi untuk memasuki tahap kedua. Bantuan akan terealisasi dengan cepat jika ketua kelompok mengurus Pakta Integritas. “Karena pada prinsipnya lewat administrasi yang lengkap itulah yang dapat memberikan kemudahan merealisasikan program sesuai tuntutan Petunjuk Pelaksana dan Petunjuk Tekhnis,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 Dikatakannya,  ada yang beda pada program bantuan tahun ini. Jika tahun sebelumnya bantuan sebesar Rp5 juta/rumah tidak dicantumkan biaya administrasi. Maka tahun ini dari Rp 5 juta tersebut sudah termasuk biaya administrasi. “Informasi ini yang sangat penting yang perlu dicermati oleh masyarakat agar tidak terjadi kesalapahaman dikemudian hari.  Anggaran administrasi yang dimaksud sebesar 400 ribu rupiah, jadi yang diterima bersih oleh Kelompok sebesar  4,6 Juta Rupiah,”  terangnya.

Bantuan Program RTLH tahun 2013 ini, kata dia, merupakan bantuan stimulan yang bertujuan untuk memberikan pemerataan ekonomi dan menunjang kehidupan masyarakat tidak mampu agar hidupnya bisa lebih baik. Harapannya agar rumah yang telah direhabilitasi akan menjadi rumah yang sehat sesuai standar kesehatan . “Karena jika rumah sudah sehat, kemungkinan besar kesejahteraan masyarakat akan bertambah dengan sendirinya. Rumah sehat adalah salah satu faktor pendukung motivasi semangat kerja dan mau hidup sehat,”katanya. (BE.16)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait