Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

420 Mahasiwa STKIP Taman Siswa Ikuti Pembekalan KKN

Kota Bima, Bimakini.com.-Sebanyak 420 mahasiswa seluruh Program Studi (Prodi) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, mengikuti pembelakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan auditorium Sudirman kampus setempat, Senin (3/2).

                Kegiatan tersebut dirangkai dengan tausiah tentang spirit maulid Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam. Tausiah disampaikan ustad Adnin SQ, M.PdI. Pembukaan pembekalan juga dihadiri Asisten III Setda Kabupaten Bima, Makruf, SE.

                Ketua LPPM setempat, Mulyadi M.Pd, menyebutkan, sesuai jadwal pembekalan akan dilaksanakan selama empat hari dan akan diisi oleh Narasumber Kepolisian Resort Bima Kabupaten serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Peserta KKN merupakan angkatan ke VII kampus setempat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

                Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Drs H Sudirman MSi,  peserta pembekalan mampu mewujudkan tema KKN, Berpikir Kreatif Menuju Kerja Inspiratif Untuk Memerkokoh Integritas Sosial Kemasyarakatan. “Tujuan pembekalan ini agar peserta tidak terjun bebas ke dalam masyarakat. Apa yang disampaikan pemateri menjadi panduan bagi yang mau berpikir kreatif dan maju,” ujarnya.

                Diingatkannya, di manapun lokasi melaksanakan KKN, mahasiwa harus mengingat dan menjaga nama kampus. Aktivitas peserta selama dalam lingkungan masyarakat merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Apalagi program pemerintah saat ini adalah menuntaskan buta aksara. Kita bimbing masyarakat sehingga nanti pemerintah juga berikan jempol,” katanya.

                Sudirman juga memotivasi mahasiswa agar meneladani Rasulullah. Berupaya menjadi pemimpin berkualitas meskipun tidak sampai klimaks sesuai tipe kepemimpinan Nabi. “Jadilah pemimpin waluapun tidak mampu mendekati seperti Rasulullah,” katanya.

                Puket II STKIP Taman Siswa, Dr Ibnu Khaldun, M.Si, menambahkan, selain pemateri lokal dari aparat Kepolisian dan Dinas Kesehatan. Saat KKN juga akan dihadiri pembicara Nasional dari Universitas Indonesia, Khunul Maria. Akan membahas lebih spesifik peran mahasiswa dari dalam Pemilu 2014, termasuk konteks pemilih cerdas. “Kita ingin Bima memiliki pemimpin yang berkualitas. Tentu salahsatu prosesnya melalui majelis ilmu seperti ini,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

                Asisten III Setda Kabupaten Bima, Makruf, SE, berharap selama KKN mahasiswa berbaur dan berkontribusi dalam masyarakat. Menggerakkan nilai-nilai positif termasuk kearifan lokal seperti gotong royong. “Berbaurlah dengan masyarakat, rekatkan jaringan dalam membangun daerah,” himbaunya. (BE.17)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait