Pemerintahan

Legislatif Merasa Dicueki Eksekutif

Kota Bima, Bimakini.com.-Ini penilaian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Bima, Tiswan Suryaningrat SH. Selama ini, katanya, eksekutif sepertinya mengabaikan legislatif. Samasekali tidak dianggap dan acapkali dicueki.

     Hal itu dikatakan Tiswan  kepada wartawan, Senin (17/02), di DPRD Kota Bima. Karena jarang berkomunikasi itulah maka sejumlah persoalan yang dihadapi selalu muaranya pada legislative.  Padahal, cikal-bakal masalah munculnya dari pihak eksekutif.

Komunikasi resmi bentuk kerjasama formal yang biasa dilakukan, tuding Tiswan, hanyalah sebatas pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang digelar sekali setahun plus APBD-P. Termasuk pembahasan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah inisiatif eksekutif saja.

Sisanya, kata anggota Komisi A ini, hampir tidak ada komunikasi berarti berkaitan soal pembangunan dan persoalan kemaslahatan masyarakat. Tidak heran  setiap persoalan yang muncul di masyarakat selalu bermuara di Dewan. Masyarakat selalu berdemo  dan  beraudensi  ke Dewan. Padahal,  munculnya masalah selama ini dari eksekutif. “Kami selalu terima imbas perbuatan mereka (eksekutif),” ujarnya.

 Meski, diakuinya, Dewan merupakan lembaga aspirasi,   tentunya wajar dijadikan tempat mengeluh oleh masyarakat. Hanya saja, agar semua terjawab apa yang diinginkan masyarakat, pihak eksekutif harus sejak awal berkomunikasi dengan Dewan.

Senada dengan Tiswan, anggota dewan lainnya, Alfian Indrawirawan, SE, ikut menyorot ekskutif. Katanya, eksekutif lebih senang dipanggil legislatif jika ada masalah. Selain dari itu, tidak pernah mau berkomunikasi formal maupun nonformal dengan DPRD selaku mitra kerja.

Katanya, seperti aksi demo pegawai honorer K2 kali ini. Kalau proses perekrutannya diberitahukan juga pada Dewan, tentu apapun masalah yang mencuat  minimal bisa dibahasakan seragam pula oleh Dewan.

“Bagaimana kami menjelaskan pada masyarakat, sementara kami tidak tahu- menahu soal proses perekrutan K2,” katanya. (K05)    

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top