Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Puskesmas Bolo itu Butuh Sentuhan!

Bima, Bimakini.com.- Dalam sebulan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Bolo melayani hingga 1.000 pasien. Apalagi, jika musim  hujan, kunjungan biasanya melebihi kapasitas yang ada. Lantai bisa menjadi alternatif penanganan, karena keterbatasan  tempat tidur. Itu pun kondisinya sudah tidak layak lagi dan membutuhkan pengadaan baru.

Puskesmas hyang   tingkat kunjungannya tinggi, seharusnya mendapat sarana pendukung agar masyarakat sebagai pengguna layanan dapat menikmatinya.

Sekretaris Puskesmas Bolo, Ahmad Yani, S.KM, ketika menerima kunjungan Tim AIPD Provinsi NTB menceritakan kondisi yang ada. Pembenahan sarana dan prasarana diharapkan segara dilakukan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk tempat tidur saja, kata dia, saat ini ada 15 unit. Beberapa waktu lalu ada kunjungan Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin, M.Pd dan menjanjikan 30 unit. “Puskesmas Bolo sekarang butuh pembenahan fisik,” katanya, Jumat (14/2).

Usulan untuk fisik dan sarana yang lainnya, sudah beberapa kali diusulkan. Demikian juga ketika ada kunjungan dewan yang datang memantau kondisi pelayanan.

Selain itu, kata Ahmad, Puskesmas Bolo kekurangan dana operasional. Jumlah yang tersedia saat ini tidak mencukupi, untuk listrik saja lebih dari Rp1 juta per bulan. Dana operasinal yang ada hanya sekitar Rp4-6 juta per bulan. “Terkadang kami menyiasatinya,” ujarnya.

Kadangkala, kata dia, ada jatah dokter yang harus direlakan untuk menutupi kekurangan yang ada. Pemerintah Daerah perlu memikirkan tambahan alokasi untuk Puskesmas dengan tingkat pelayanan tinggi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dorongan AIPD untuk keterbukaan layanan untuk masyarakat juga mendapat respons. Selama ini, pihaknya  cukup terbuka, termasuk mengenai biaya dan alur penanganan. (BE.16)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak tujuh petugas Covid-19 di Puskesmas Bolo telah dilakukan uji Rapid Tes beberapa waktu lalu. Hasilnya, semua petugas tersebut non reaktif. Kepala...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pascabanjir pada sejumlah titik di Kota Bima, kehebohan lain muncul. Ular piton berukuran besar muncul di lapangan Pahlawan Raba, Selasa (28/3)...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bocah berusia tujuh bulan, Afdal, warga RT 05 Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, tewas. Diduga saat bermain bocah itu kesetrum aliran...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Camat Bolo, Mardianah, SH, mengajak warga  membudayakan gotong-royong. Itu merupakan  satu di antara visi-misinya memimpin  Bolo. Saat kegiatan gotong-royong di Desa Rato,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Perlombaan bidang olahraga, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam antarguru dan antarpelajar tingkat Sekolah Dasar/ sederajat dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis...