Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BMKG: Semburan Abu Vulkanik Sangiang Reda

Bima, Bimakini.com,-Bagaimana kabar aktivitas vulkanik gunungapi Sangiang saat ini? Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan hujan abu vulkanik yang mengguyur wilayah Kabupaten Bima selama sepekan terakhir mulai mereda.

Abu vulkanik muntahan gunungapi Sangiang Kecamatan Wera ini  sempat mengganggu aktivitas warga. Bahkan, aktivitas penerbangan pun, sebelumnya terpaksa ditiadakan.

Namun, kondisi tersebut sudah berangsur membaik sejak Rabu (4/6) lalu. Hingga kemarin, BMKG Bima memastikan hujan abu sudah tidak ada lagi.

“Sesuai pengamatan radar cuaca Bima, hujan abu sudah tidak ada lagi. Kita juga tetap koordinasi dengan pemantau gunung Sangiang untuk mengetahui perkembangannya,” kata Kepala BMKG, Daryatno, SP, kemarin, di Palibelo.

Dijelaskannya, abu vulkanik yang dikeluhkan sejumlah pilot di atas ketinggian 14 ribu kaki juga sudah tidak ada. Kondisi tersebut disebabkan arah angin yang cenderung menuju ke Utara. “Kondisi abu tersebut hanya bertahan beberapa hari saja. Karena hembusan angin mengarah ke Utara,” jelasnya.

Selain itu, kata Daryanto, aktivitas kegempaan gunung Sangiang sudah tidak terlihat. Hal itu disampaikan sesuai   hasil koordinasi dengan pemantau gunung Sangiang. “Kabarnya, aktivitas Sangiang sudah tidak tampak lagi,” ujarnya.

Daryanto mengaku, perkiraan cuaca dan arah angin untuk Bima masih labil. Meski begitu,  BMKG  meminta agar warga tetap mewaspadai aktivitas gunung Sangiang. “Meskipun Sangiang sudah tidak menyemburkan material vulkanik, kita tetap waspadai keberadaannya,” ingatnya. (K07)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait