Hukum & Kriminal

Desak Penembak Yamin Ditangkap, Warga Blokir Jalan

Bima, Bimakini.com,-Aksi solidaritas dilakukan sejumlah warga Desa Tambe Kecamatan Bolo di perbatasan  Rasabou-Tambe,Selasa (3/6).Aksi itusebagai bentuk simpatik dan empati terhadap anggota Kepolisian Bripka M. Yamin,yang ditembak  oleh orang tidak dikenal, Senin malam.

Sayangnya, aksi positif itu diberangi penutupanakses  jalan lintas negaradi wilayah itu. Akibatnya, arus kendaraan dan mobilitas masyarakat terganggu.

      Pemblokiran  dimulaisekitar pukul 16.00 WITA. Warga  menumpukkan batu dan kayu, selain itu  memasang satu unit rumah pos ronda di tengah jalan.Ban pun dibakar.  Untungnya, akses jalan itu dibuka lagi pada Selasa sore pukul 17.45 WITA.

         Akibat aksi pemblokiran jalan itu,  arus lalulintas  Bima-Dompu lumpuh total. Antrean panjang  kendaraan  roda empat dan roda dua dari arah Bima hingga di ujung  Rasabou begitu  mencapai satu kilometer. Begitu pun dari arah Dompu yang dimulai dari ujung arat Desa Tambe hingga  perbatasan Desa Rasabou.

            Sejumlah warga Tambe di lokasi aksi mengatakan, aksi ini dilakukan  sebagai bentuk solidaritas terhadap  nasib almarhum  M. Yamin yang ditembak  secara sadis.                 

Menurutmereka, aksi ini akan berlanjut terus hingga pelaku  ditangkap. Polisi adalah aparat penegak hukum yang mengayomidan melindungi  warga negera, sehingga   harus diperhatikan dan dilindungi oleh   masyarakat.

“Bukan ditembak  tidak manusiawi seperti itu, masa setelah ditembak tiga kali dan tidak bernyawa malah pelaku tambah menembak lagi sebanyak dua kali. Orang sudah tidak bernyawa malah ditembak lagi, itu kan   tindakan yang sangat tidak manusiawi,”ujar perwakilan warga.

     Pembukaan kembali jalur itu setelah ada kesepakatan dengan pihak Kepolisian bahwa pelaku akan segera dibekuk dan dikejar bersama.

    Saat mediasi, terlihat Camat Bolo, H. Muhammadddin, S.Sos, Kasubdik II Inspektorat Intel  Kapolda NTB, AKBP Drs. Abdul Wahab, Kapolsek Bolo, AKP Burhanuddin, Danramil Bolo, anggota DPRD Kabupaten Bima, Nurdin Amin, SH, dan Caleg terpilih Masdin Idris.  Selain itu,  tokoh masyarakat setempat.

    Di depan massa, AKBP Drs Abdul Wahab  mengatakan atas nama institusi Kepolisian menyampikan terimakasih dan penghargaan  karena telah menunjukkan sikap solidaritas  dan empati terhadap peristiwa itu.

    Katanya, kasus itu sedang dalam penyelidikan  dan terus mengupayakan penangkapan secepatnya. Masyarakat diminta menyerahkan sepenuhnya pada pihak Kepolisian untuk menindaklanjuti.  “Akan tetapi, demi terungkapnya siapa pelaku penembakkan  itu saya minta dukungan partisipasi, dukungan masyarakat dalam hal memberikan informasi,” pintanya.

     Wahab meminta warga mau membuka kembali jalan yang diblokir ini,   pengguna jalan yang  berkepentingan akan kesulitan mengaksesnya.     Permintaan pihak kepolsian tersebut diamini oleh warga.

    Setelah jalan dibuka kembali, arus transportasi Bima-Dompu  kembali lancar, setelah macet  sekitar 1,5 jam. (K06)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top