Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

80 Persen Pejabat Bakal Digeser!

Kota Bima, Bimakini.com,-Isu mutasi dan rotasi pejabat di lingkungann Pemerintah Kota  Bima yang sudah lama santer terdengar dan sempat tetunda beberapakali, bakal direalisasikan pekan ini. Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, mengisyaratkan perombakan itu akan menyasar sebanyak 80 persen pejabat pada berbagai eselon.

Isyarat itu disampaikan  Qurais   saat memimpin apel gabungan aparatur Pemkot Bima, Senin (4/8) lalu, di halaman kantor Pemkot Bima.

     Dipastikannya  dalam pekan ini akan  merombak total sebagian besar pejabat. “80 persen pejabat akan saya rolling. Pekan ini mutasi pasti terlaksana,” ujarnya.

      Keputusan mutasi dan pergeseran pejabat itu,  diakui Qurais, disiapkan sejak  lama. Setelah melewati setidaknya dua bulan jangka waktu bersama Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) untuk   menganalisis dan memadukan seseoarang dengan jabatan baru yang nanti akan diemban.      Mengapa  sampai dua bulan baru ada kepastian nama pejabat? Dikatakannya, dua bulan waktu yang dibutuhkan dalam penyusunan nama pejabat tersebut untuk   meminimalisasi tingkat kekeliruan penempatan seseorang. Termasuk terkendala sumberdaya manusia sesuai latarbelakang keilmuan dan tentunya yang bisa diajak kerjasama dalam membangun daerah.

     Idealnya seorang aparatur pegawai, kata Qurais, bukan yang loyal dan setia semu pada atasan, tetapi yang memiliki komitmen, etos kerja, dan berinovasi dalam membangun pranata sosial-kemasyarakatan  sesuai visi-misi yang telah ditentukan. “Bukan masalah ada aparatur yang tidak suka dengan saya, tetapi di lain sisi dia memiliki kriteria pegawai yang ideal, pasti saya angkat pegawai yang seperti itu,” katanya.

      Menurutnya,  pegawai yang ideal seperti itu akan sangat membantu menata Kota Bima yang lebih maju. Akan berbanding terbalik dengan aparatur pegawai yang menampilkan loyalitas semu. Model pegawai seperti hanya terlihat rajin saat diperhatikan saja. Pola kerja seperti itu  tidak bagus, karena hanya bekerja   sesaat, tidak berpikir jangka panjang. “Sistem kerja seperti ini akan merusak jalannya pembangunan Kota Bima,” ujarnya.

      Isyarat mutasi semakin pasti, ketika Kepala BKD Kota Bima Drs Muhtar Landa, MH, mengaku, semua berkas terkait mutasi dan rotasi sudah ditandatangani oleh Wali Kota. Kni hanya menunggu waktu yang tepat akan dieksekusi. (BE28)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait