Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kades Tuntut Hak Kelola Lahan

Bima, Bimakini.com.- Puluhan Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa, Senin (24/11) mendatangi DPRD Kabupaten Bima. Di tengah ramainya aksi demo penolakan penaikan harga BBM, mereka  masuk dan meminta audiensi.

 

Mereka diterima pimpinan DPRD, Murni Suciyanti, Hj Indah Damayanti Putri, dan Nukrah, SSos. Selain itu,  didampingi Ketua Komisi II, Ir Suryadin dan Ketua Komisi IV, M Natsir, SSos.

Hasilnya, Dewan dan Kades sepakat  bertemu pada Rabu (26/11/2014) di Setwan bersama perwakilan pemerintah. Mereka  akan membahas lebih lanjut seperti apa putusan terhadap  tuntutan Kades dan perangkat  untuk mendapatkan hak mengelola eks tanah jaminan desa.

Aksi para Kades ini   berawal dari rencana Pemkab Bima  melelang umum  seluruh tanah eks jaminan. Menurut Kades dan perangkatnya, itu malah merugikan mereka  saat ukuran kesejahteraan   begitu minim saat ini. Apalagi,  tanah yang mau dilelang tersebut sudah ditanami, karena melanjutkan putusan pemerintah pada tahun sebelumnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Saat audensi, perwakilan Kades dari Desa Sondo Kecamatan Monta, Budi Suharjo pada pimpinan Dewan dan Komisi II, menekankan agar dapat memerjuangkan  tuntutan kembali mengelola eks tanah jaminan. Jangan saja mendukung dalam pernyataan saat di depan Kades, aspirasi ini   agar   disampaikan kepada pemerintah.

Kalaupun masalah uang,  jelasnya, selama ini Kades membayarnya seperti  dalam aturan. “Intinya kami diberikan kewenangan kelola eks tanah jaminan,” pungkasnya.

Begitu juga disampaikan Kades Lambu, Afan. Dia  menekankan, sudah jelas seperti tertuang dalam UU Desa dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pengelolaan pemerintahan desa, tinggal kini bagaimana Pemda mengeluarkan kebijakannya.

Apalagi, kata Afan, tidak mudah menjadi Kades, selama ini aparatur pemerintahan tidak bersentuhan langsung dengan rakyat, tetapi pemerintah desa. Tugas dan tanggungjawab begitu besar, tetapi tidak sebanding dengan  yang didapat. Dtambah kini kebijakan pemerintah yang menekan Kades dengan cara merampas hak pengelolaan terhadap tanah yang menjadi sumber pemasukan.

Wakil Ketua DPRD, Hj Indah Damayanti Putri,  mengatakan  menerima   tuntutan kades dan perangkatnya. Namun,   aspirasi itu akan dikoordinasikan bersama Bupati Bima. Bagaimana putusannya  bergantung pada eksekutif,   legislatih hanya menyampaikan. “Namun, akan diperjuangkan bagaimana hak-hak desa dapat didapatkan,” katanya.

Ketua Komisi II, Ir Suryadin, mengaku sebenarnya masalah eks tanah jaminan sudah dibicarakan dengan Bupati Bima, namun belum ada putusan. Saat itu disampaikan agar pengelolaan eks tanah jaminan memrioritaskannya pada Kades dan perangkatnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk membahas bagaimana akhir  tuntutan itu, katanya,   akan menggelar pertemuan antara eksekutif dan legislatifdan kades serta perangkatnya di kantor DPRD.

Hasil pertemuan itu iterima oleh Kades dan perangkatnya, mereka  memastikan akan hadir saat pembahasan bersama Dewan dan pemerintah sesuai waktu yang dijadwalkan. (Dedy)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Desa Nisa Kecamatan Woha Kabupaten Bima merupakan salah saru desa yang terparah yang digenangi banjir bandang, Minggu (26/3). Hal  itu jika dilihat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bagaimana kondisi sektor pertanian setelah banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Bima pada Minggu (26/3) sore lalu? Lumayan parah! Berdasarkan laporan sementara dari...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-bentrok antara warga Desa Mada Wau Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima dan Desa Mangge Nae Kabupaten Dompu perihal batas wilayah mendapatkan tanggapan serius...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Sejumlah warga yang berasal dari  Desa Mada Wau Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima dan Warga Desa Mangge Na’e Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu bersitegang...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.-  Ini harapan Bupati  Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, saat acara syukuran  pascapelantikan Kepala Desa (Kades) Mpili Kecamatan Donggo.  Bupati meminta agar masyarakat...