Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Ngamen Penuh Inspiratif Ala KNPI Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.com.- Untuk menghilangkan kesan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai organisasi yang elit, ada satu gebrakan yang dilakukan pengurus ditingkat Kota Bima. DPD KNPI Kota Bima selama lima hari menggelar kegiatan Ngamen Penuh Inspiratif di sejumlah kampus, diantaranya STISIP Mbojo Bima, STKIP Bima dan STIE Bima.

 

Kegiatan puncak ngamen dilaksanakan di Pendopo Pemuda atau Sekretariat DPD KNPI Kota Bima, Sabtu (29/11). Bahkan hadir juga dari Indonesia Mengajar yang mengaku terkesan dengan kegiatan tersebut. Ngamen sendiri dimulai Selasa (25/11) di Kampus STISIP Mbojo Bima.

Kegiatan ini mendapat sambutan dari civitas kampus, baik STIE Bima, STKIP Bima dan STISIP Mbojo Bima.   Kegiatan diisi dengan nyanyi oleh Ketua DPD KNPI Kota Bima, Dzul Amirulhaq, yang mengeluarkan album Nickyrawi dengan 13 lagu berbahasa Bima. Diantaranya Nangi Dana Tambora, Korupsi Semangi, Lenga, Imbi Angi, dan sejumlah lagu lainnya.

Tidak hanya penampilan dari Dzul Amirulhaq yang membawakan lagu-lagu ciptaannya. Namun juga dari mahasiswa, baik STIE, STISIP dan STKIP Bima. Ada yang membawakan lagu, puisi, juga hip hop.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua Panitia, Anang Zainy, ST, mengatakan kegiatan Ngemen Inspiratif ini diadakan dibeberapa kampus, yakni STISIP Mbojo Bima, STKIP Bima, STKIP Taman Siswa, dan STIE Bima. Kegiatan ini bekerjasama dengan lembaga mahasiswa di masing-masing kampus.

Ketua DPD KNPI Kota Bima, Dzul Amirulhaq akan tampil membawakan sejumlah lagu yang diciptakan sendiri. Diantaranya, Nangi Doro Tambora, Imbi Angi, Hey Auku Lepim, Lenga, Amahami, serta beberapa lagu lainnya. Dari Album Nikyrawi, ada 13 lagi yang diciptakan dan diaransemen oleh Ketua KNPI Kota Bima.

“Kami mencoba membuat pendekatan melalui musik sebagai bahasa universal, mengajak elemen muda untuk mengembangkan potensi dirinya,” ujar Anang di DPD KNPI Kota Bima.

Anang juga mengapresiasi pihak kampus yang menyambut baik kegiatan ini. Diharapkan kerjasama dan kemitraan seperti ini akan terus terbangun. “Kegiatan ini juga tidak menggunakan kas KNPI yang bersumber dari APBD, namun support dari berbagai pihak swasta,” katanya.

Dikatakannya, jika mengandalkan dana dari APBD sangat minim. Kedepan diharapkan dukungan pemerintah melalui APBD dapat mengalokasikan anggaran yang lebih besar. Agar pemuda di Kota Bima bisa diberdayakan melalui lembaga KNPI.

Ketua DPD KNPI Kota Bima, Dzul Amirulhaq mengatakan gagasan awal untuk meretas kegiatan ini sebenarnya bermula dari diskusi-diskusi ringan beberapa pengurus. Ada yang menginginkan adanya reorientasi pola hubungan KNPI dengan sahabat-sahabat muda di kampus.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Karena bagaimanapun juga, keberadaan Badan Eksekutif Mahasiswa, beserta perangkat-perangkat institusionalnya, telah secara faktual berfungsi sebagai laboratorium kepemimpinan dan kaderisasi akademik yang berkelanjutan. Termasuk Organisasi-organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus, juga berdinamika dan bermetamorfosa seiring perkembangan yang ada di dalam kampus masing-masing,” ujarnya.

Karena itulah, kata dia, berbagai formula pendekatan coba ditempuh untuk dapat menciptakan gairah hubungan yang mutualis dan penuh suka cita. Jika selama ini, kampus sangat identik dengan forum-forum diskusi akademis, itu memang merupakan keniscayaan. “Karena itulah, KNPI hadir dengan cara yang sedikit moderat, yakni menggelar sebuah hajatan entertain yang tetap menjunjung tinggi substansi edukasional dan kultural,” ujarnya.

Dikatakannya, pemilihan istilah Goes To Campus, lebih dititikberatkan pada nuansa entertainment. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti, KNPI Hadir di Kampus. “Frase ini kami pilih untuk menunjukkan bahwa KNPI sebagai wadah payung bagi OKP dan Komunitas-komunitas pemuda tidak harus bertingkah birokratis di menara gading, yang hanya menunggu laporan dan informasi, serta gagap berkomunikasi dengan sesame pemuda,” tegasnya.

Bahkan, kata dia, jangan sampai akhirnya KNPI tidak mampu mengenali pokok-pokok pikiran aspiratif dari sahabat muda. Hadir di kampus, meski dalam durasi yang cukup singkat, menjadi sebuah penegasan atas komitmen KNPI Kota Bima untuk membuka diri bagi mahasiswa agar tidak merasa memiliki jarak dengan organisasi ini. (BE.25)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...