Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Trail Jelajah Alam Bima, Ratusan Peserta “Bertempur”

Kota Bima, Bimakini.com.- Ratusan motor trail seolah mengaum di lapangan Amahami, Minggu (21/12). Mereka adalah ratusan peserta yang mengikuti Trail Jelajah Alam Bima. Ada dari Lombok, Sumbawa, Dompu, dan Bima.

 

Event regional atau se-NTB ini tidak hanya diikuti oleh peserta pria, namun juga anak-anak dan perempuan. Tercatat dua peserta anak-anak, dari Bima dan Lombok Tengah, demikian juga rider perempuan, dari Lombok dan Dompu.

Tidak itu saja, dua rider bule juga ambil bagian pada ajang yang dilaksanakan oleh Bima Adventure. Rute yang dilewati oleh peserta mulai lapangan Amahami, Sonco Lela, Ntobo, Wenggo, Kendo, Kabanta, Toloweri, Lampe, Waduramba, Ntonggu, Oi Foo, Rontu, Panggi, serta Niu Kelurahan Dara. Peserta kembali finis di lapangan Amahami dengan hadiah utama satu unit Trail VIAR X 200 dan hadiah lainnya.

Sejak start di lapangan Amahami pukul 09.00 Wita, peserta sangat bersemangat. Mereka dilepas oleh Kabag Kesra Kota Bima, Drs M Farid, M.Si.

Jalur yang dilewati beraspal, tanah, berbatu, sungai, serta berlumpur. Sekitar pukul 14.30 Wita, sempat diguyur hujan cukup lama. Kondisi seperti itu justru diminati para rider, karena memberi tantangan sendiri.

Ketua Pelaksana, Moch Nizar, ST mengatakan event ini mengajak pecinta motor trail untuk menikmati alam Bima. Ratusan peserta tidak hanya dari Bima, namun Lombok, Sumbawa, Dompu, dan Bima.

Peserta harus melewati semua jalur dan ditetapkan beberapa pos untuk cek poin. Bagi peserta yang tidak melalui pos cek poin, maka tidak bisa mengikuti undian. “Peserta harus taat dengan aturan yang sudah dibuat,” ujarnya.

Trail Jelajah Alam Bima ini juga sebagai rangkaian memeriahkan HUT ke-56 NTB dan HUT ke-2 Bima Adventure. Kegiatan ini untuk mengenalkan potensi alam Bima. “Selain menikmati keindahan, juga menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan alam yang ada,” katanya.

Kegiatan itu bekerjasama dengan Pemkot Bima, Ikatan Motor Indonesia (IMI), VIAR Motor, STIE Bima, HIPPMI Kota Bima, Orari, dan lainnya. Tim Orari cukup membantu dalam memberikan informasi tentang situasi lapangan.

Sejumlah kendaraan peserta mengalami kendala, ada yang putus rantai, lepas hingga mati total. Beberapa kendaraan harus dievakuasi dengan mobil terbuka.

Abdi salah satu peserta mengaku sangat menikmati medan yang dilalui. Tantangannya cukup mengundang adrenalin. “Medannya lumayan, mantap!,” pukasnya di jalur Rontu.

Peserta dari Mataram, Jack Firman Ayatullah Lukman, mengaku sudah dua kali mengikuti jalur yang hampir sama. Sebelumnya ada kegiatan serupa beberapa bulan lalu.

Kabag Kesra Kota Bima, Drs M Farid, MSi, mengatakan event ini juga sebagai rangkaian Tambora menyapa dunia. Diharapkannya moment ini sebagai kesempatan untuk lebih mengenalkan potensi alam Bima. (BE.25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...